Lanjutkan Penelusuran Naskah Kuno, DADP Sambangi Panji Anom 

KBRN, Buleleng : Nilai- nilai kebudayaan dan tradisi yang ada di Desa, merupakan hal yang menarik untuk ditelusuri, guna tercapainya pelestarian nilai-nilai kearifan lokal yang ada di wilayah tertentu, sehingga dapat bermanfaat untuk generasi muda sebagai acuan pengetahuan budaya. 

Hal tersebut di sampaikan Kabid Ida Bagus Ketut Baruna Setiawan,S.Sos saat menyambangi Kantor Kepala Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada, Selasa 17/5/2022.

I Nyoman Mustanda Kepala Desa Panji Anom dalam hal ini menyampaikan dukungannya  atas adanya program pelestarian naskah kuno ini.

“Program ini sangat menarik, apalagi kalau sampai terbit sebuah buku," terang Kades Mustanda. 

Lebih lanjut Kades Mustanda mengharapkan agar DAPD dalam hal ini, secara berkesinambungan untuk memotivasi desa dengan memberi pendampingan, guna tercapainya program ini. 

Pada kesempatan yang sama I Gede Arya Oka selaku Kaur TU-UMUM menerangkan, bahwa Desa Panji Anom memang memiliki keterikatan dan keterkaitan dengan Desa Panji. Namun secara administrasi Desa Panji Anom telah diresmikan sesuai peraturan Bupati Buleleng tahun 1974.

I Gede Arya menerangkan, di Panji Anom memiliki tradisi yang bertepatan dengan hari raya Nyepi yaitu kesenian megoak-goakan. Dan itu dilaksanakan bersamaan dengan masyarakat di Panji. 

Begitu juga dalam acara keagamaan seperti piodalan, di Panji Anom ada tarian sakral yaitu tari rejang yang memiliki sejarah bahwa penari paling belakang (pengitut) kala itu dilarikan oleh raksasa untuk dibawa ke sebuah Goa yang terletak di daerah Gendis Panji Anom.

Dengan adanya penelusuran yang dilanjutkan dengan pengumpulan data, tentu akan sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk mengetahui sejarah yang ada di Desa Panji Anom.

“Semoga program ini dapat tercapai guna memperkaya khasanah kearifan lokal yang ada di Buleleng." tutup Arya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar