Kesehatan Relawan Harus di Proteksi Asuransi

Relawan Bali Siap Diterjunkan Tangani Bencana (IST)

KBRN, Denpasar : Pemerintah diminta memperhatikan kesejahteraan relawan termasuk proteksi terhadap kesehatannya selama menjalankan tugas kebencanaan. Anggota Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali Bidang Mitigasi dan penanggulangan Risiko Bencana Gede Sudiartha kepada RRI di Denpasar Senin (24/01) mengaku sudah menyampaikan kondisi ini kepada pemerintah namun hingga saat ini payung hukum untuk melindungi relawan sehingga mendapatkan hak yang layak belum terbit. 

Gede Sudiartha mengatakan, sambil menunggu payung hukum untuk relawan  semua pihak yang menggunakan jasa relawan diharapkan ikut peduli dengan kesejahteraan relawan. Ia mencontohkan untuk penanganan covid 19 di Bali banyak relawan yang terkonfirmasi positif covid 19 dan tidak memiliki asuransi kesehatan sehingga sulit menjalani pengobatan."Relawan juga manusia, punya keluarga sehingga sudah sepantasnya dapat perhatian dari semua pihak", ungkapnya.

Berbicara kompetensi Relawan di Bali Gede Sudiartha  mengatakan cukup membanggakan karena Bali memiliki ribuan relawan dari berbagai macam kompetensi dan sebagian besar mereka sudah terlatih dan berpengalaman menangani kebencanaan bahkan tidak saja yang terjadi di Bali melainkan di luar pulau Bali yang memerlukan relawan seperti bencana Tsunami di Aceh, Erupsi Gunung Merapi dan  Gempa bumi di Lombok.(Wid)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar