FOKUS: #VAKSIN COVID

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes Tabanan Siapkan Sejumlah Langkah

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr. Nyoman Susila

KBRN, Denpasar: Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Bali, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan  memastikan ketersediaan tempat tidur, obat - obatan dan oksigen dalam keadaan aman.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Susila kepada RRI di Tabanan, Sabtu (16/1/2022) mengatakan saat ini Tabanan menyediakan sebanyak 240  tempat tidur di delapa rumah sakit milik pemerintah dan rumah sakit swasta. 

Bahkan tidak saja dalam memastikan ketersediaan  tempat tidur, pihaknya juga telah  memastikan tersediaan  oksigen  dalan kondisi cukup dan memadai.

Sebagai langkah antisipasi pihaknya sudah berkoordinasi dengan salah satu pemasok oksigen di kawasan Banyuwangi yang siap mengirim oksigen 2 kali lipat dari yang diperlukan, asalkan kasus di Jawa Timur tidak melonjak.

“Di Tabanan sendiri tabung gas oksigen yang sudah siap pakai tersedia 100 tabung. Ditambah di Rumah Sakit Nyitdah telah dianggarkan 1.000 tabung. Selain itu Konsetrator oksigen kita juga punya banyak,  jumlahnya tak hafal, tetapi di atas 100 konsetrator,” ujar dr Susila.

Selain memastikan ketersediaan oksigen, pihaknya juga memastikan ketersediaan obat-obatan di Tabanan aman. dr. Susila menjelaskan obat-obatan penanganan pasien Covid-19 masih mencukupi, bahkan stoknya sampai 6 bulan ke depan. 

Meskipun Pemkab Tabanan telah siap menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Dia berharap lonjakan kasus tidak sampai terjadi. 

“Kita harapkan tak terjadi kasus yang meningkat. Intinya protokol kesehatan wajib dipatuhi semua kalangan masyarakat”, pungkas dr. Susila. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar