Sebelum Dilaunching, Bupati Suwirta Evaluasi Produk Hasil Pertanian Asli Nusa Penida

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama tim moitoring melakukan kunjungan ke sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (15/1/2022)

KBRN, Klungkung: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Tim Monitoring melakukan kunjungan ke sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Nusa Penida, yang telah berhasil membuat oleh oleh produk turunan hasil pertanian asli Nusa Penida, Sabtu (15/1/2022).

Kegiatan ini dilakukan guna mengevaluasi semua produk yang rencananya akan di launching oleh Bupati Suwirta dengan brand KOLE NUSA, untuk mendukung Program Pariwisata Nusa Penida.

"Sejumlah produk oleh-oleh, hasil olahan dengan bahan dasar hasil perkebunan/pertanian asli Nusa Penida telah berhasil diciptakan oleh sejumlah kelompok warga di Nusa Penida.  Semua produk olahan ini akan kita bantu pemasarannya hingga bisa benar benar masuk pasar dan dikenal luas sebagai oleh oleh khas Nusa Penida. Namun ada beberapa catatan dalam monev ini, diantaranya kemasan harus higienis, rapi dan menarik serta mencantumkan gambaran tentang produk. Produk harus diolah dengan baik dan higienis serta diproduksi dengan lebih modern dalam sebuah rumah produksi. " ujar Bupati Suwirta.

Kelompok Wanita Tani Desa Sental Kangin sedang memproduksi Tape singkong dari produk pertanian khas Desa Sental Kangin, Nusa Penida

KWT yang dikunjungi diantaranya; KWT Puspa Sari Desa Sental Kangin yang terdiri dari 30 orang anggota, memproduksi keripik singkong, tape, tepung moca, keripik pisang, kacang dll. Produk sudah dipasarkan di sejumlah minimarket, toko warung dan pasar di Nusa Penida hingga ke luar Klungkung.

KWT Bodong Lestari Desa Ped, dengan jumlah anggota 19 orang memproduksi hasil olahan kelapa berupa minyak goreng, VCO dan keripik kelapa dengan aneka rasa.

KWT Noesa Berdaya Desa Toya Pakeh yang beranggotakan 20 orang memproduksi olahan dari rumput laut dan Moca dengan produk Stik Rumput Laut, Kue Pie, kue kering dan Pukis hingga fiber drink,

Serta Kelompok Lidah Buaya Bersehati Desa Ped yang memproduksi sabun cair dari bahan lidah buaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar