Dinas Sosial Bergerak Cepat Bantu Warga Terdampak Gempa Magnitudo 4,8

Dampak Gempa

KBRN,Bangli: Gempa bumi dengan magnitudo 4.8 yang mengguncang Bali pada Sabtu (16/10) pukul 03.18 WIB menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat Bali. Mengingat gempa tersebut mengakibatkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa korban masih dirawat dilayanan kesehatan terdekat baik korban yang berada dikabupaten Karangasem maupun Bangli.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Bali Gusti Widiantara di Denpasar, Minggu (17/10/2021)  mengatakan,tim dari Dinas social Provinsi Bali dan Kabupaten  sudah langsung turun kelapangan melakukan pendataan terhadap warga terdampak gempa sekaligus memberikan bantuan legistik yang diperlukan korban

“ Kita memberikan pelrindungan social, untuk memastikan dia dapat makanan ,  Itu sudah dilakukan,” ucapnya.

Gusti Putu Widiantara mengatakan, pihaknya bersinergi dengan  dinas social kebupaten Bangli dan Karangasem terus melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak gempa dengan magnitudo 4.8 tersebut.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangli  I Wayan Karmawan di Bangli menjelaskan, timnya bergerak cepat melakukan asesmen kepada warga terdampak gempa terutama yang berada di Desa Trunyan terletak di Kecamatan Kintamani.

Dikatakan, langkah awal yang sudah dilakukan yaitu dengan memasang tenda pengungsian. Namun hingga saat ini menurutnya warga yang rumahnya tertimbun longsor memilih sementara tinggal dirumah kerabat daripada tinggal dipengungsian. Untuk bantuan logistic

Menurut Kadis Karmawan pihaknya sudah mengirimkan ke lokasi kejadian bencana longsor akibat gempa melalui jalur danau yang saat ini satu-satunya akses jalan yang bisa dilalui menuju desa Trunyan.

“ Cuma karena akses masih tertutup, untuk proses pengiriman logistic kita ya lewat danau dulu kita lakukan,” ucap Karmawan.

Kadis social Karmawan mengatakan, selain mendata dampak gempa di desa Trunyan, Tim dari Dinas social juga sedang melakukan pendataan terhadap dampak gempa diwilayah Bangli lainnya. Untuk warga yang terkena dampak gempa seperti kerusakan rumah, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya maka pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas PUPR untuk membantu warga terdampak tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00