Pandemi Penduduk Miskin di Bali Bertambah

Foto Penyandang Masalah Kesejahteraan (IST)

KBRN,Denpasar: Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat, jumlah penduduk miskin di Bali semakin bertambah di tahun 2021 ini. Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih satu setengah tahun mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Dihimpun dari data yang dimiliki BPS Bali, pada Maret 2021 persentase penduduk miskin di Bali tercatat 4,53 persen, naik 0,08 persen poin dibandingkan dengan posisi September 2020 yakni 4,45 persen.

Menangani dampak Pandemi terhadap social ekonomi masyarakat Pemerintah pusat berkolaborasi dengan Pemerintah daerah berupaya memberikan bantuan/stimulus kepada masyarakat terdampak pandemic.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Bali Gusti Putu Widiarta kepada RRI di Denpasar, Minggu (19/9/2021) mengatakan, semua stakeholder bersinergi baik pusat, provinsi maupun daerah untuk menangani dampak Pandemi Covid19. Dikatakan, tugasnya memberikan bantuan social untuk menurunkan jumlah penyandang masalah kesejahteraan social melalui berbagai program.

“ Program nike ada yang bantuan pusat difasilitasi daerah, ada juga program dari Pemerintah Provinsi Bali sendiri sesuai dengan kewenangan dan pemerintah kabupaten sesuai dengan kewenangan,” ucapnya.

Gusti Putu Widiarta mengatakan dengan program-program tersebut diharapkan dapat menekan akibat Covid19. Dikatakan, penanganan masalah social tidal saja dilakukan Pemerintah tetapi bersama dengan masyarakat dan swasta. Karenanya penting peran masyarakat turut membantu mencegah penyebaran Covid19 di Provinsi Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00