Anggota Dandim Bangli Dampingi Tim Tracing

KBRN, Bangli -  Jjaran Kodim 1626/Bangli Babinsa Koramil 1626-02/Susut  Serma I Putu Budi Utama  bersama Petugas Kesehatan dan Tim Penanganan Covid-19 melaksanakan Tracing dan Edukasi terhadap warga Desa Abuan Kecamatan.Susut yang papar Virus Covid-19, Senin (14/05/2021).

Kegiatan tracing dan edukasi tersebut dikarenakan adanya warga, Desa Abuan Kecamatan Susut yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil Tes Swab dari Dinkes Kab Bangli. Hal ini bertujuan guna menelusuri riwayat penyakit dan kontak erat dengan pasien agar virus Covid-19 tidak menyebar kepada warga yang lain.

Tim Kesehatan dari Puskesmas Susut 2 dalam kesempatan tersebut mengecek kondisi keluarga yang kontak erat dengan pasien, serta memberikan himbauan kepada keluarga pasien terkonfirmasi dikarenakan tidak mengalami gejala atau keluhan dianjurkan untuk melaksanakan isolasi mandiri dan mematuhi protokol kesehatan.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana S.I. P. mengatakan  ini merupakan implementasi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat teritorial kewilayahan.

 “Merupakan wujud sinergitas dan juga kemanunggalan TNI dengan rakyat, maka seorang Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sebagai seorang Tracer Tim penanganan Covid-19 harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak erat dengan pasien sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat”, Terang Dandim.

“Upaya memutus rantai penularan Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, dan khususnya bagi keluarga dan kontak erat dengan pasien supaya melaksanakan isolasi mandiri dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan minum suplemen vitamin serta selalu mematuhi anjuran Pemerintah tentang Protokol Kesehatan Covid-19. Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air mengalir, memakai masker, menjaga jarak serta menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah penyebaran virus Covid-19”,  tambah Dandim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00