UHN IGB Sugriwa Denpasar Cetak Doktor Ke-114 Dengan Disertasi "Dalem Waturenggong"

KBRN,Denpasar: Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mencetak Doktor Ilmu Agama Ke-114. Adalah I Gusti Made Sunartha yang berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Agama setelah berhasil mempertahankan Disertasinya dalam sidang terbuka promosi Doktor di Auditorium kampus setempat, Selasa (5/7/2022).

Direktur Pasca Sarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Prof. Dr. Dra. Relin D.E.,M.Ag seusai sidang terbuka mengatakan bangga dengan karya siswa yang selalu mengangkat tema yang berbeda dan mengangkat isu-isu actual terkait implementasi ajaran agama Hindu dimasyarakat.

Prof. Relin berharap hasil karya siswa yang mengangkat tema "Peranan Dalem Waturenggong Dalam Pelaksanaan Ajaran Agama Hindu Di Bali" bisa dibuat menjadi sebuah buku yang nantinya dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Hindu di Bali dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“ Bahwa raja Waturenggong itu memberikan kontribusi luarbiasa pada jaman abad pertengahan masehi termasuk sampai saat ini. Ajaran-ajaran beliau masih digunakan dan dipakai pedoman pada masyarakat Hindu di Bali,” ucapnya.

Prof. Relin mengatakan ajaran Dalem Waturenggong memberikan hal positif bagi kehidupan masyarakat  Bali dimasa kini.

Sementara Prof. Dr. Drs.I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si selaku promotor mengapresiasi karya siswa yang mengangkat ajaran-ajaran Dalem Waturenggong yang sangat luar biasa sehingga mencapai jaman keemasan.

“Beliau bisa merangkul seluruh masyarakat dengan berbagai pakse, berbagai soroh dengan nilai moderasi beragama pada jaman itu melalui penyatuan Pura Dalem Dasar Gelgel,” ucap Rektor UHN IGB Sugriwa tersebut.

Dikatakan, Dalem Waturenggong juga berhasil menyatukan soroh-soroh yang ada di Bali dengan membuatkan pedarman di Pura Besakih sehingga tidak terjadi benturan antar soroh di Bali.

Sementara Doktor anyar I Gusti Made Sunartha yang juga menjabat sebagai Direktur Pendidikan Hindu Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI mengajak mahasiswa UHN IGB Sugriwa agar mengejar ilmu dan keterampilan dengan cepat dan sebanyak mungkin.

“ Carilah ilmu dikampus ini dan kembangkan diluar kampus maka ilmu itu akan menjadi bekal didunia dan diakhirat nanti,” ucapnya.

I Gusti Made Sunarta meminta para mahasiswa agar terus memotivasi diri karena hanya diri sendiri yang mampu merubah dirinya karena orang yang mau berubah adalah orang yang mau maju.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar