Cetak Wirausaha Muda, Untab Gelar Literasi Keuangan dan Digital Marketing

KBRN,Tabanan: Mencetak lulusan yang berkompetensi dan memiliki jiwa wirausaha, Universitas Tabanan (Untab) selalu berupaya menjadi mediator dan fasilitator terdepan dalam membangun generasi muda bangsa.

Untab mempunyai kewajiban dalam mengajarkan, mendidik, melatih dan memotivasi mahasiswa sehingga menjadi generasi cerdas yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan berbagai peluang usaha atau lapangan pekerjaan.

Pernyataan itu disampaikan Rektor Universitas Tabanan Dr.Ir. I nengah Karnata,M.Si dalam acara seminar dengan tema "Memperluas Pasar UMKM Melalui Literasi Keuangan dan Digital Marketing” bekerjasama dengan BPD Tabanan dan Shopee Bali di Aula Kampus setempat, pada Jumat (24/6/2022).

Kegiatan ini diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan tetap menerapkan protocol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Rektor Nengah Karnata mengatakan, mahasiswa harus menyiapkan masa depan sejak dini meskipun belum lulus kuliah, salah satunya berani memulai wirausaha dan merubah mindset dari Jobseeker (pencari kerja) menjadi jobcreator (pembuat lapangan kerja).

“ Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapat pemahaman dan keterampilan dasar dalam memperluas pasar melalui literasi kebijakan keuangan dan digital marketing,” ucap Rektor Karnata.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga memberi peluang mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan usaha startup dengan pemberian hibah startup. Serta memudahkan peserta seminar memperoleh relasi dalam berwirausaha dengan membangun mitra usaha dan memperluas jaringan mahasiswa dalam berwirausaha.

Nengah Karnata mengatakan, saat ini kebutuhan entrepreneur menjadi bagian penting pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang maju harus didukung entrepreneur profesi maupun pemula. Karenanya mahasiswa Untab harus punya naluri kewirausahaan agar dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa ini.

Kegiatan seminar ini menurut Nengah Karnata juga sejalan dengan Program Belajar Merdeka, Kampus Merdeka yang salah satunya bertujuan menyiapkan mahasiswa lebih awal terjun kedunia industry dan dunia usaha sehingga ketika lulus nanti siap terjun di dunia industry maupun usaha baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Dekan Fakultas ekonomi dan Bisnis Untab Dr.I Wayan Terimajaya,SE.,M.M.,M.H mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa menjadi entrepreneur yang mampu mengelola usaha-usahanya terutama mengatur keuangan dengan memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan.

“ Yang kedua bagaimana dia bisa melakukan usaha dengan tetap menganalisa analisis resikonya sehingga usaha yang dijalankan kedepannya menghasilkan profit yang diharapkan,”ucapnya.

Terimajaya mengatakan, dengan menggandeng shopee sebagai salah satu usaha yang bergerak dalam digital marketing diharapkan mahasiswa yang memiliki usaha sudah tahu apa yang disasar  kedepannya, pasar digital atau konvensional. Melalui seminar ini akan membuka wawasan peserta tentang pasar digital sehingga peserta akan menjadi entrepreneur yang berkualitas.

Kepala BPD cabang Tabanan, Gusti Ngurah Supardi mengatakan BPD memiliki program KUR Goes To Campus. Dikatakan, BPD siap membantu mahasiswa yang memerlukan bantuan permodalan bagi yang sudah memenuhi persyaratan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar