Undiknas Gelar Wisuda ke-87 dengan Hybrid System

KBRN, Denpasar : Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menyelenggarakan Wisuda Sarjana (Strata-1) dan Magister (Strata-2) yang ke-87, secara hybrid, Jumat (15/10/2021).

Wisuda hybrid dilaksanakan dengan pertimbangan Bali masih menyandang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. 

Prosesi wisuda dilaksanakan dengan komposisi 90% dalam jaringan (daring/online) dan 10% luar jaringan (luring/offline).

Melalui aplikasi Zoom Meeting serta bertempat di Auditorium Dwi Tunggal, sejumlah 170 wisudawan mengikuti prosesi wisuda dengan khidmat. 

Tercatat 109 wisudawan berasal dari Program Sarjana (S1) dan 61 wisudawan berasal dari Program Magister (S2).

Terdapat 1 orang wisudawan dari Program Studi S1 Ilmu Hukum atas nama Ayu Meiranda, S.H. berhasil memperoleh IPK tertinggi yakni 3.95. Sedangkan dari Program Magister (S2) tercatat 4 (empat) wisudawan dengan perolehan IPK sempurna yakni 4.00, atas nama Komang Gita Krishna Murti, S.E., M.M., Ida Bagus Agung Bayu Wicaksana, S.S., M.A.P., dr. Oyagi Ryusuke, S.Ked., M.M., dan Oyagi Shuka, S.K.G., M.M.

​Rektor Universitas Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa S.T., S.Sos., M.M., IPM. memastikan, pihaknya mendukung Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

"Kami juga terus berkomitmen untuk memberikan bekal penguatan karakter, kompetensi, serta program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, keterampilan dan praktek di dunia usaha dan dunia industri," kata Sri Subawa dalam sambutannya. 

Komitmen tersebut kata Sri Subwa. dibuktikan dengan capaian Undiknas dalam memenangkan Hibah Kompetitif Perguruan Tinggi dari Kemdikbud-Ristek, yakni Program Bantuan Penyelenggara Rekognisi Pembelajaran Lampau pada Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Elektro, Hibah Center of Excellence (CoE) pada Program Studi Ilmu Komunikasi.

"Selain itu kami mendapatkan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) pada Program Studi Manajemen dan Ilmu Hukum, Hibah Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada Program Studi Teknologi Informasi. Undiknas juga memperoleh Hibah Transfer Kredit Internasional yakni Hibah kepada mahasiwa Undiknas pada Program Studi Manajemen dan Akuntansi Internasional sebanyak 10 (sepuluh) mahasiswa, untuk belajar secara virtual/daring di Edith Cowan University, Australia," urainya. 

"Ditambah lagi ada hibah Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yakni hibah program belajar bagi mahasiswa di kampus luar negeri selama 1 semester. Tahun 2021, terdaftar 2 orang mahasiswa Undiknas untuk belajar di Hanyang University, Seoul, Korea Selatan dan Lancaster University, United Kingdom," imbuhnya. 

​Sri Subawa pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua, para wisudawan/wati, serta masyarakat luas atas kepercayaan kepada Undiknas untuk menempa ilmu, meningkatkan potensi diri, dan mengeksplorasi talenta untuk dapat bersaing, unggul, dan Sustainable Competitive Advantages, serta meraih prestasi karir yang luar biasa. 

"Pada kesempatan ini pula, saya juga mengatakan bahwa Undiknas siap memfasilitasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas melalui penerapan sistem Hybrid Learning secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 secara ketat. Undiknas menyiapkan beberapa Smart Classrooms yang mendukung pembelajaran dilaksanakan secara interaktif dengan mahasiswa yang hadir secara luring dan daring melalui video conference platform seperti google meet atau zoom meeting," sebutnya. 

"Melalui wisuda online ini, Undiknas memanfaatkan digital yang telah ada dan akan terus dikembangkan untuk sistem perkuliahan, dengan begini semua kegiatan yang berada di lingkungan Undiknas akan berbasis teknologi sesuai dengan taglinenya Techno Research-Preneur University," pungkas Sri Subawa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00