Bali Siap Jadi Venue, Tatkala Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

KBRN, Denpasar: Semangat menggelora mulai bermunculan dari insan olahraga di Tanah Air saat Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari (RSO) memastikan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Terbukti dukungan dari Bali pun mulai disuarakan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Ketut Suwandi saat diwawancara RRI di sela-sela aksi donor darah Kamis, (6/8/2020). Dikatakannya, akan menjadi sejarah baru bila Indonesia berhasil memenangkan biding. Apalagi bila berkaca dari kesuksesan menjadi host Asian Games 2018, Indonesia mampu melakukan itu.

“Kalau tidak punya target besar kita tidak akan punya semangat. Kami sangat bangga kalau nantinya 2032 Indonesia dapat kesempatan jadi tuan rumah”, ungkapnya.

Ketum KONI Bali itu menegaskan ada beberapa hal yang memang harus disiapkan mulai dari keuangan, atlet, infrastruktur, termasuk sosialisasi dalam memenangkan kompetisi dan biding agar lebih baik dari competitor lainnya.

“Kita pasti bisa, dulu juga waktu Asian Games meski beberapa bulan kita bisa sukses. Intinya kita harus bersatu, kalau punya kemampuan besar tapi tidak bersatu tetap tidak akan ada apa-apanya”, ujarnya.

Sementara itu dari kabupaten/kota juga tak kalah semangat memberikan dukungan. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan Dewa Gede Ary Wirawan juga siap menyediakan venue di kabupaten Lumbung Beras, bila nantinya Bali ditunjuk sebagai penyelenggara pertandingan sejumlah cabang olahraga.

“Kita dari KONI kabupaten/kota di Bali kalau Olimpiade di Indonesia saya yakin Bali akan terpilih untuk lokasi pertandingan. Kita juga harus siapkan sarana prasarananya dari sekarang. Kalau Olimpiade di Indonesia, salah satu cabor pasti ada bertanding di sini. Jadi ini kesempatan juga bagi kita di kabupaten/kota untuk merencanakan itu, fasilitas apa saja yang harus dipenuhi, tentunya bersinergi dengan Propinsi maupun Pusat”, tegasnya.

Ary Wirawan menambahkan bila melihat dari potensi Bali, apalagi hampir semua negara tahu Bali, otomatis mereka lebih tertarik bertanding di Bali. Tapi potensi terbesar Bali itu ada beberapa cabor seperti selancar, termasuk GOR Debes di Tabanan dikatakannya siap dimanfaatkan untuk lokasi pertandingan dipadukan dengan sport tourism sambil berolahraga, sambil menikmati destinasi wisata terbaik di kabupaten lumbung beras.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00