Ketok Palu, Porprov Bali Perebutkan 523 Medali Emas

KBRN, Denpasar: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali telah memberikan keputusan. Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Bali November mendatang akan mempertandingkan 41 cabang olahraga.

Menariknya, dalam Porprov Gotong Royong kali ini jumlah medali yang siap diperebutkan sembilan kabupaten/kota mencapai 523 medali emas.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Bali I Nyoman Yamadhiputra kepada RRI di Denpasar Kamis, (26/5/2022) mengungkapkan dari 523 medali yang siap diperebutkan itu, ada penambahan 84 medali dari ajang sama tahun 2019 lalu.

Hal tersebut dikarenakan dalam porprov kali ini ada penambahan empat cabang olahraga yang dipertandingan resmi dan 1 disiplin sport. Empat cabor itu mencakup angkat berat, angkat besi, Muaythai, dan Selam, serta 1 disiplin sport beach soccer.

“Yang akan diperebutkan 523 emas, meningkat 84 medali dari yang dulu tahun 2019, itu disebabkan penambahan 4 cabang olahraga”, tegasnya.

Nyoman Yamadhiputra yang merupakan mantan Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Bali itu lebih lanjut mengungkapkan proses entry by number akan bergulir mulai 30 Mei ini, sedangkan entry by name dapat dilakukan Sembilan kabupaten/kota paling lambat 21 September atau 3 bulan sebelum Porprov bergulir.

Sementara itu Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengungkapkan penetapan cabor-cabor yang dipertandingkan termasuk nomor-nomornya itu mengacu pada PON terakhir yakni PON Papua 2021 lalu.

“Angka 523 nomor itu berdasarkan acuan yang sudah ada. Acuannya itu yakni aturan Porprov yang sudah ada, dan cabor-cabor itu mengacu pada PON yang terakhir tahun 2021”, ujarnya.

Gusti Ngurah Oka Darmawan menambahkan segala proses persiapan Porprov Bali yang tahun ini special dilaksanakan gotong royong oleh kabupaten/kota se-Bali sudah berjalan cukup baik.

Nantinya dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KONI Bali 3 Juni mendatang, juga akan dilakukan pembahasan lanjutan bersama KONI Kabupaten/kota dan seluruh cabor demi penyempurnaan hajatan bergengsi olahraga di Pulau Dewata kali ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar