Doakan Porprov Bali 2022 Sukses: Rombongan KONI Badung Sembahyang Ke Sejumlah Pura di Nusa Penida

KBRN, Badung: Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Gotong Royong Bali direncanakan diadakan November 2022 di seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

Serangkaian dengan penyelenggaraan event olahraga dua tahunan itu, sejumlah Pengurus KONI Badung bersama staf Tata Usaha menyelenggarakan persembahyangan ke sejumlah Pura di kawasan Nusa Penida, Klungkung tanggal 20 dan 21 Mei 2022.

Dipimpin Wakil Ketua KONI Badung Wayan Tirta dan  AA Ngurah Putra, rombongan KONI Badung itu mulai melakukan persembahyangan di Pura Giri Putri, yang lokasinya berada di dalam goa. 

Dilanjutkan ke Pura Puncak Mundi, Pura Peluang (dikenal sebagai Pura dengan pelinggih Mobil) dan terakhir di Pura Dalem Peed.

Wayan Tirta mengatakan, tujuan persembahyangan tersebut, guna mohon doa restu kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa, agar atlet Badung siap niskala dan sekala menghadapi Porprov Bali 2022. Seorang atlet dipercaya akan maksimal, jika mereka siap teknis, fisik dan mentalitas.

Tahun-tahun sebelumnya, KONI hanya nuwur tirta ke Pura Khayangan Jagat di Badung seperti Pura Puncak Mangu, Pura Taman Ayun dan Pura Luhur Uluwatu selain juga Pura yang ada di lingkungan Pusat Pemerintahan Badung.

“Kali ini, kami mohon restu kepada Ida lelangit yang ada di Nusa Penida, di mana beliau yang ada di sebarang pulai Bali itu sama-sama kita hormati,” kata Tirta yang  juga sebagai Badan Pengawas  Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Badung itu.

Ia mengatakan, program KONI Badung dalam menyongsong Porprov itu cukup detail. Pertama mengadakan penyegaran para pelatih, kedua melakukan persembahyangan, ketiga akan diadakan couching clinic cidera olahraga bekerjasama dengan Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar, keempat atlet berprestasi akan ditingkatkan fisiknya dalam suatu acara tertentu di alam bebas (pegunungan),  tes fisik dan Traning Center di lokasi masing-masing tempat pelatihan. 

Dalam perjalanan persiapan itu, team monitoring (monev) akan melakukan evaluasi berdasarkan hasil yang dipantau ke lapangan.

Program tersebut menurut Tirta tiada lain tujuannya untuk mempersiapkan atlet Badung yang maksimal sehingga dapat meraih juara Umum ke 9 kalinya dalam Porprov tersebut.

“Tujuan juara umum tersebut harga mati, sekalipun dana yang dipergunakan sangat terbatas,” kata Tirta didampingi Wakil Sekretarisnya AA Putra.

Wayan Tirta yang juga pernah menjadi Ketua Relawan Giri-Asa dan Relawan KBS-Ace dalam pilkada 3,5 tahun lalu berharap Porprov Bali sukses dan berjalan lancar. Ia berharap Gubernur memberikan dana yang cukup, sebab kali ini Porprov dilaksanakan KONI Provinsi bersama Pemprov Bali. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar