Balaskan Dendam SEAKF, Karateka Bali Coki Sabet Emas Sea Games

KBRN, Denpasar: Karateka kebanggaan Pulau Dewata Cok Istri Agung Sanistyarani (Coki) nomor kumite -55 kg putri tersenyum puas dan bangga.Pada ajang bergengsi Sea Games Vietnam kali ini, Coki kembali mengukir sejarah untuk Merah Putih mengulang sukses raihan emas Sea Games 2017 Malaysia.

Tampil dihadapan publik Negeri Naga Biru Kamis, (19/5/2022), karateka asal Klungkung itu tak gentar.

Pertandingan pertama Coki berhadapan dengan karateka Moukdavong Toukta asal Laos dan berhasil menang.

Melaju ke babak semifinal, ambisi Coki semakin membara bertemu dengan andalan tuan rumah Hoang Thi My Tam yang mengalahkan dirinya di ajang SEAKF di Kamboja akhir Maret lalu.

Coki memimpin dengan satu nilai Yuko dan satu nilai ippon saat membanting karateka tuan rumah. Hoang Thi My Tam sempat mengejar dengan satu nilai ippon dengan menendang kepala Coki.

Jual beli serangan terjadi, hingga akhirnya Coki menutup pertarungan dengan menambah satu nilai Yuko saat pukulannya mendarat mulus di dada Vietnam.Coki pun berhasil mengalahkan andalan Vietnam di kandangnya sendiri dengan skor 5:3 sekaligus membalaskan dendam kekalahan SEAKF lalu.

Menuju ke babak Final, Coki dipertemukan dengan Karateka Thailand Namkhao Phenpisut. Coki juga sukses mengalahkan Namkhao 2:0 dan memastikan medali emas menjadi miliknya.

Seusai pertandingan Coki pun mengucap syukur, karena kembali mengibarkan Bendera Merah Putih di Arena Sea Games. Emas kali ini special dipersembahkan untuk orang tua, almarhum adik, Pelatih, Ketua Umum FORKI Bali, serta seluruh pihak yang senantiasa mendukung perjuangannya.

“Saya balas Vietnam di depan publik mereka. Emas ini pertama tentunya untuk orang tua, almarhum adik aku, pelatih aku di dojo, orang-orang yang selalu mensupport aku, dan Ketua Umum FORKI Bali aku yang baru”, ungkapnya.

Pelatih Karate Bali Sensei Putu Deddy Mahardika yang hadir langsung menyaksikan anak asuhnya bertanding juga mengungkapkan rasa bangganya.

“Pada babak awal ketika melawan Laos dia benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai pendekar dari Bali yang luar biasa dengan mengalahkan musuhnya 8-0. Antiklimak Coki itu sebenarnya di babak semifinal saat lawan Tuan Rumah Vietnam”, ujarnya.

Rasa haru dan bangga juga dirasakan Ketua Umum Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Bali Sensei Armand Setiawan Wulianadi yang spesial membawa pasukan pengurus karate Bali ke Vietnam demi mendukung Coki.

“Pertandingannya berjalan secara mulus, semua berjalan on schedule. Penampilan Coki memang sangat luar biasa, yang paling berat itu melawan Vietnam, tetapi bersyukur dia berhasil menang”, tuturnya.

Pertandingan cabang olahraga karate di arena Sea Games masih akan berlanjut Jumat, (20/5/2022). Karateka Kebanggaan Pulau Dewata itu kembali akan tampil di nomor kumite beregu, dan melanjutkan perjuangan mengumpulkan pundi-pundi emas lagi untuk Merah Putih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar