KONI Bali Diharapkan Ikuti Aspirasi Anggota

KBRN, Badung:  KONI Bali harus menghargai keinginan Gubernur Bali, supaya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali sukses dan diikuti sebanyak mungkin atlet.

Dalam kondisi prihatin, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Bali memberikan perhatian besar supaya perhelatan dua tahunan olahraga tersebut sukses, dalam arti banyak atlet ikut serta.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum KONI Badung Made Nariana, ketika ditanya wartawan, Rabu, (18/5/2022) di kantornya di Dalung Utara Badung.

Nariana mengatakan, aspirasi KONI Kabupaten/Kota dan Cabang Olahraga Provinsi yang minta supaya atlet dapat main sebanyak-banyaknya ditanggapi dengan kurang bijaksana.

Misalnya, kalau aturan lama dipakai, atlet baru dapat dimainkan jika diikuti lima peserta dari daerah berbeda, maka banyak cabor dan atlet tidak dapat dimainkan. Peserta akan berkurang, dan Porprov tidak dapat dikatakan sukses.

“KONI Bali terkesan memberikan jawaban: “Nak mule keto uling pidan…….” (dari dulu ya begitu). Ini  jelas pemikiran kurang maju dan tidak mau melakukan terobosan baru, demi kepentingan Bali ke depan”, kata Nariana.

Selain itu, anggota Kelompok Ahli Pembangunan Gubernur Bali  itu juga berharap, Pengurus KONI Bali mengambil sikap baru, memberikan kesempatan kepada semua atlet dengan prestasi tingkat apa pun tetap main di Porprov.

Sebelumnya atlet dengan prestasi Nasional, dan Internasional tidak boleh ikut Porprov dengan alasan memberikan kesempatan kepada generasi baru.

“Hal itu tidak adil, sebab akan muncul juara kembar yang semu di kalangan atlet dalam satu nomor. Biarkan atlet bersaing dengan fair sesuai dengan motto olahraga”, ujarnya.

Nariana mengatakan, banyak hal perlu dibenahi dalam pelaksanaan Porprov, supaya dana yang diberikan pemerintah dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Nariana yang juga mantan Ketua Umum KONI Bali itu bangga dengan prestasi Bali dalam PON Papua, dengan mendapat rangking 5, tetapi kebanggaan itu harus tetap dijaga, sehingga mampu memiliki prestasi yang sama dalam  PON Sumut dan Aceh tahun 2024. Bibit-bibit baru akan didapatkan dalam Porprov tahun 2022, dengan memberi kesempatan banyak mungkin atlet bertanding. (rilis)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar