Indonesia Nihil Gelar BWF World Tour Final 2021

KBRN, Denpasar: Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus legowo hanya menjadi runner-up BWF World Tour Finals 2021.

Pada babak final yang berlangsung selama 61 menit di Bali Internasional Convention Center Nusa Dua Minggu, (05/12/2021), The Minions gagal menjadi juara setelah kalah rubber game dari Wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi  16-21, 21-13, 17-21. Kekalahan Marcus/Kevin juga memastikan Indonesia tanpa gelar juara di BWF World Tour Finals 2021.

Sejak awal, laga berjalan alot. Wakil Jepang Hoki/Kobayashi bermain agresif dan minim melakukan kesalahan. Pada Gim ketiga Hoki/Kobayashi mampu unggul cepat, dan membuat The Minions gagal mencapai podium puncak.  Sejatinya pada tiga final di Indonesia Badminton Festival 2021, Marcus/Kevin selalu berhadapan dengan Hoki/Kobayashi. Dari tiga partai puncak itu masing-masing Indonesia Master, Indonesia Open dan BWF World Tour Final, The Minions hanya menang satu kali di final Indonesia Open 2021. Namun peluang balas dendam itu masih terbuka lagi, mengingat mereka akan  terbang lagi ke Spanyol mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Menanggapi hasil final BWF World Tour Final 2021, Pecinta Bulutangkis yang juga Ketua Harian Pengkot Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Denpasar Made Darmiasa kepada RRI mengatakan meski The Minions gagal meraih juara, namun perjuangan mereka tetap membanggakan seluruh bangsa Indonesia.

“Marcus/Kevin sudah menunjukkan permainan terbaiknya. Kedua pemain itu telah memberikan penampilan terbaiknya. Memang dalam pertandingan harus ada yang kalah dan menang, tetapi kita tetap bangga kepada Marcus/Kevin”, ujarnya.

Menurut Pria yang juga Sekretaris Umum (Sekum) KONI Denpasar itu, Wakil Jepang saat ini memang dalam performa terbaik. Hal itu wajib diwaspadai Tim Merah Putih untuk menghadapi Kejuaraan lainnya pasca event Indonesia Badminton Festival 2021.

Sementara itu pecinta bulutangkis lainnya yang juga Ketua Siwo PWI Bali Joko Purnomo juga mengapresiasi perjuangan Marcus/Kevin. Namun ia berharap Marcus/Kevin dapat tetap mempertahankan cara bermain cepat yang menjadi kunci prestasi mereka selama ini.

“Sebenarnya permainan Kevin/Marcus tidak kalah dari Hoki Kobayashi, tetapi memang karena kecepatan pemain Jepang lebih bagus, sehingga mereka menjadi kalah”, ucapnya.

Dalam laman resmi PBSI, Marcus Fernaldi Gideon juga mengungkapkan, pertandingan berjalan ketat,  sampai-sampai The Minions harus menahan rasa lelah. Hal senada diungkapkan Kevin Sanjaya.  Selama pertandingan dirinya dan Marcus sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan momentum mengejar kedudukan, namun sayang belum mampu menyelesaikan pertandingan dengan baik.  

Adapun para juara BWF World Tour Final 2021, dari sektor Tunggal Putra Viktor Axelsen dari Denmark,  kemudian tunggal putri An Se-young Wakil Korea Selatan yang sukses mencetak hattrick gelar juara pada gelaran Indonesia Badminton Festival 2021. Selanjutnya dari sektor Ganda Putra gelar juara diraih Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Ganda Putri Kim Seeyoung, Kong Heeyoung dari Korea Selatan, dan Ganda Campuran Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang juga mencetak hattrick dalam Indonesia Badminton Festival 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar