PSHT 1 Abad, Perwapus PSHT Bali Menggelar Diklat Pelatih Dan Wasit Juri

KBRN, Denpasar: PSHT Bali - Pusat Madiun menyongsong 1 Abad, menggelar Diklat Pelatih dan wasit juri yang diadakan dari 04-05 Desember 2021 bertempat di Gedung aula Jasdam Prajaraksa Kepaon.

PSHT adalah organisasi yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Pilangbango, Madiun padatahun 1948. Selain di Indonesia PSHT telah menyebar keseluruh dunia, Malaysia, Belanda, Rusia (moskwa), Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, Perancis dan Arab Saudi.

Agenda ini selain menyongsong 1 Abad PSHT, juga sebagai agenda dari PSHT Pusat Madiun khususnya dibidang teknik. Pelaksanaan Diklat tersebut sudah dimulai dari NTT, Bali dan akan dilanjutkan ke Perwapus yang ada di seluruh Indonesia. Diklat hari ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dibuka oleh perwakilan dari Pusat Madiun Insinyur Suwito Ketua Lembaga Pendidikan Kepelatihan, Mas Riyanto Bendahara dan Gatot Suhartono, S.Pd.,M.Pd Sekretaris Lembaga Wasit Juri.

Dalam sambutannya Suwito menegaskan kegiatan diklat ini sudah dimulai dari NTT, sekarang Bali, dan akan dilanjutkan ke Perwapus seluruh Indonesia, diklat ini dilaksanakan di Perwapus masing-masing wilayah agar masing-masing cabang lebih mudah menghadirkan lebih dari 4-5 orang pelatih untuk mengikuti diklat ini.

“Target kami dari Pusat Diklat pelatih dan wasit juri di masing-masing perwapus semacam ini harus selesai bulan Januari 2022,” tambahnya.

Lebih lanjut Suwito menjelaskan tujuan dari diklat semacam ini diharapankan dapat  menyamakan persepsi gerakan-gerakan yang diajarkan oleh pelatih diseluruh Indonesia harus sama semua dan yang terpenting yaitu mencari bibit-bibit wasit juri yang ada di SH Terate itu sendiri, untuk persiapan peringatan 1 Abad PSHT yang akan menyelenggarakan SH Terate Cup Tingkat International.

SH Terate Cup Tingkat International yang akan diselenggarakan oleh PSHT di Padepokan Agung Pusat Madiun tanggal 02 September 2022, dengan peserta dari hasil seleksi tingkat cabang, provinsi dan zona.

Ditegaskan kembali oleh Perwapus PSHT Bali Makmun Murod, AS  diklat semacam ini memberikan pembekelan kepada adik-adik pelatih di Cabang, ranting dan rayon untuk menjadi tolok ukur untuk melatih di tempat latihan dimanapun PSHT berada.

“Sehingga adik-adik pelatih mempunyai pola yang baik dan benar dalam melatih siswa sesuai kurikulum dari pusat madiun khusunya dalam mengajarkan pencak ajaran itu sendiri yang meliputi senam, jurus, toyak, dan ke-SH-an (Kerohanian) yang bagus untuk melatih dan bisa memayu hayuning bawono,” jelasnya.

Hadir dalam diklat hari ini, Ketua-Ketua  Cabang seluruh Bali, Pengurus Perwapus Bali, Pamter, dan masing-masing Pengurus Cabang.  Ketua panitia, Agus Adamto menambahkan Peserta diklat ini diikuti dari seluruh Cabang yang ada di Bali dengan total peserta 135 wasit juri dan pelatih, yang telah mendapatkan rekomendasi dari Ketua Cabang masing-masing.

“Hadir dalam diklat hari ini, Ketua PSHT Cabang Denpasar, yang didampingi Miftachur Rohman, saya selaku litbang tentunya agenda pusat seperti ini sangat bagus sekali untuk memberikan pelatihan khusus dan pengembangan kepada pelatih-pelatih dan sekaligus mempersiapkan diri untuk mencari bibit-bibit wasit juri sebagai perwakilan PSHT di IPSI Provinsi dan masing-masing Kabupaten yang ada di Bali, semoga PSHT yang sudah menjelang 1 abad ini bisa semakin jaya dan kami sebagai warga tetap bisa membawa marwah ajaran PSHT itu sendiri, mendidik manusia berbudi luhur tahu benar dan salah, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta ikut memayu hayuning bawono,” harapnya.

“Selama Matahari masih terbit dari timur, selama bumi masih dihuni manusia selama itu pula persaudaraan setia hati terate akan tetap jaya abadi selamanya” tutup Miftachur Rohman yang beberapa hari yang lalu di lantik menjadi pengurus Pertina Kota Denpasar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar