Menuju New Normal, Kepolisian dan Pecalang di Bali Antisipasi Kedatangan Pemudik

KBRN, Denpasar: Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar melakukan sejumlah antisipasi terhadap kedatangan warga dari luar Bali pasca Hari Raya Lebaran.

Kasatlantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo saat ditemui RRI pada Pos Pengamanan dan Penyekatan Biaung Denpasar Kamis, (28/5/2020) mengatakan pada H+3 Lebaran kondisi arus lalu lintas mulai mengalami peningkatan, terlebih pemerintah mulai menerapkan kebijakan new normal.

“Kita selalu koordinasi dengan tiga pintu gerbang utama. Sesuai job desk description lalu lintas, arus lalu lintas mulai berangsur meningkat mengingat penerapan new normal yang disosialisasikan pemerintah kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas tetapi sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19”, ujarnya.

AKP Adi Sulistyo mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan petugas di pintu gerbang masuk Bali seperti Bandara maupun pelabuhan. Selain itu Kasatlantas Polresta Denpasar itu juga menyoroti tentang sejumlah pelanggaran yang masih terjadi di tengah pandemi covid-19 ini seperti aksi trek-trekan, termasuk angka lakalantas yang masih tinggi beberapa bulan terakhir meskipun sudah dilakukan pembatasan aktivitas masyarakat (PKM).

Di tempat terpisah Ketua Paiketan Pecalang se-Bali Made Mudra mengatakan sudah melakukan koordinasi untuk mengantisipasi kedatangan warga dari luar Bali. Masing-masing daerah sudah membentuk pos-pos pemantau.

“Masing-masing pecalang di desa membentuk pos pemantau arus balik utama, intinya seperti itu sebagai langkah antisipasi”, ungkapnya.

Made Mudra menambahkan sesuai regulasi yang ada bila masyarakat tidak dilengkapi dengan surat-surat termasuk keterangan bebas covid-19, maka warga yang bersangkutan akan diminta kembali ke daerahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00