Jaya Negara Lepas ''Salak Bali Denpasar City Tour 2019''

KBRN, Denpasar: Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, dan Kacab Utama BPD Bali, Putu Dharmapatni, melepas peserta fun touring (turing gembira) Satukan Langkah Kita Berbuat Untuk Lingkungan (Salak Bali) Denpasar City Tour 2019, di utara Kantor Walikota Denpasar Jalan Gajah Mada, Minggu (3/11/2019).

Kegiatan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ini, diikuti ratusan peserta dari komunitas sepeda motor di Denpasar. Salak Bali Denpasar City Tour yang diadakan DLHK Kota Denpasar ini, bekerjasama dengan Bank BPD Bali, serta organisasi perangkat  daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar.

Dalam kesempatan itu, hadir Kadis DLHK Provinsi Bali, Made Teja; Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, Kadis Perindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari; Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Sebelum peserta touring ini dilepas Jaya Negara, terlebih dahulu dilakukan penandatangan lima komitmen bersama antara DLHK Provinsi Bali, DLHK Kota Denpasar, dan peserta touring. Setelah itu, dilakukan peregangan dengan senam bersama sebelum touring. Lima komitmen yang ditandatangni itu, yakni turut serta mengurangi penggunaan kantong plastik sesuai Perwali No. 36 tahun 2019, turut menjaga pelesatarian fungsi sungai di Kota Denpasar, tidak membuang sampah atau limbah ke sungai dan ikut swakelola sampah di wilayah setempat, tidak melakukan pembakaran sampah, serta melakukan pemilahan sampah ditingkat rumah tangga.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, mengatakan Pemkot Denpasar terus berupaya supaya kualitas kehidupan lungkungan masyarakat di Kota Denpasar semakin baik. Upaya tersebut, dilakukan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan keselamatan masyarakat, melalui program preventif dan program promotif seperti sosialisasi pengurangan risiko kesehatan dari asap rokok dan kendaraan, serta keamanan berkendara. ''Pemerintah Kota Denpasar bersama masyarakat, institusi pemerintah dan pihak swasta berkomitmen untuk mendukung upaya pengurangan risiko, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun bagi lingkungan,'' kata Jaya Negara.

Sementara Sekdis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, mengatakan Salak Bali Denpasar City Tour yang diadakan ini, untuk meningkatkan kualitas udara di Kota Denpasar, meningkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan, khususnya dalam pengendalian pencemaran udara, serta pelestarian lingkungan hidup. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengetahui kualitas emisi kendaraan bermotor di Kota Denpasar dan mensosialisasikan pentingnya menjaga kualitas udara di Kota Denpasar. ''Kami ingin dalam kegiatan ini memberikan informasi tentang pengelolaan lingkungan hidup dalam rangka menyukseskan Denpasar Clean and Green,'' ujar Putra Wirabawa.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, pihaknya ingin menyediakan wadah bagi masyarakat, khususnya pecinta otomotif dan gemerasi muda untuk mencintai lingkungan, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan memperkenalkan tempat-tempat wisata City Tour yang ada di Kota Denpasar. Salak Bali Denpasar City Tour ini, berlangsung selama dua hari. Di mana pada, Sabtu (2/10) lalu, diadakan uji emisi kendaraan bermotor, sosialisasi tentang lingkungan hidup dan pertemuan teknik di Gedung Sewaka Dharma Denpasar. ''Setelah dilepas, peserta fun turing ini akan finish di trayek pertama di Pasar Rakyat Pasar Badung Kota Denpasar, dan finish trayek kedua di DAM Peraupan, Desa Peguyangan Kaja. Sedangkan untu kategori yang dilombakan, yaitu touring motor, peduli lingkungan, wanita atau keluarga, pelajar, emisi terendah dan motor lama, dan kekompakan tim,'' tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00