HIPO Genjot Pengusaha di Bali untuk Ekspor Produk

KBRN, Denpasar: Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional Propinsi Bali menggelar Seminar UMKM bertajuk Cara Mudah untuk Ekspor di Inna Bali Hotel Jumat, (6/12/2019).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Workshop Academy yang telah digelar sebelumnya. Bedanya seminar UMKM kali ini tak hanya bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, namun yang terpenting adalah mengajak para pengusaha UMKM di Pulau Dewata untuk mencoba memasarkan produk ke luar negeri.

Ketua Umum DPD HIPO Internasional Propinsi Bali  I Nengah Sukanti S.Kep. M.Fis. kepada RRI mengatakan smeua pengusaha yang hadir dalam seminar ini sudah memiliki produk unggulan. Hanya saja sebagian besar dari mereka belum berani melakukan ekspor dikarenakan persyaratan dan standar yang harus dipenuhi dinilai terlalu berat.

“Dari yang masuk anggota HIPO ini belum ada yang bisa ekspor. Permasalahannya terbentur ada standarisasi yang harus mereka penuhi, berdasarkan kelayakan yang ditentukan Dinas Koperasi Propinsi. Tidak mungkin barang itu bisa diterima tanpa ada standarisasi”, ujarnya.

Pensiunan TNI AD itu lebih lanjut mengatakan dengan Seminar UMKM “Cara Mudah untuk Ekspor” ini diharapkan lebih banyak pengusaha UMKM di Pulau Dewata mampu memasarkan produknya ke luar negeri.

“Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) ini punya channel bagaimana bisa melakukan ekspor, sehingga beliau kami undang memberikan materi dalam seminar ini. Target tahun 2020 minimal 5 persen dari Pengusaha yang tergabung di HIPO bisa melakukan ekspor”, harapnya.

Seminar UMKM HIPO Internasional bertajuk Cara Mudah untuk Ekspor menghadirkan sejumlah narasumber kompeten diantaranya I Wayan Sujana dari Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Bali, Khairul Mahalli dari Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara, didampingi narasumber lainnya Iko dan Dony yang juga dari GPEI.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00