Surya Sewana Festival Diharapkan Mampu Bangkitkan Perekonomian Daerah

KBRN,Denpasar : Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik terlaksananya Surya Sewana Festival yang akan diselenggarakan selama tiga (3) hari yakni 1-3 Juli ini. Hal ini menunjukkan titik kebangkitan Bali secara perlahan.

"Ekonomi di Bali belum pulih sepenuhnya, tetapi yang luar biasa bahwa Kota Denpasar khususnya Sanur memiliki keberanian untuk mulai menyusun agenda pelaksanaan sejumlah festival, salah satunya Surya Sewana Festival yang merupakan rangkaian terlaksananya Sanur Village Festival yang sesuai rencana akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. Event-event seperti ini menjadi penyelamat bagi perekonomian daerah", ungkap Wagub Cok Ace saat membuka Surya Sewana Festival, di The Garden Griya Santrian, Sanur-Denpasar, Jumat (1/7/2022).

Sanur Village Festival yang berdiri beriringan dengan Surya Sewana Festival mencirikan kebangkitan dan bentuk dari sinergitas serta kolaborasi dari masyarakat sanur, pengusaha setempat dengan pemerintah. Sinergitas ini ditunjukkan dengan saling berkaitannya penyelenggaraan sebuah event dan saling melibatkan antara satu dengan yang lain.

Sesuai data yang tercatat hingga saat ini, jumlah direct flight masih bertengger diangka 21. Namun pemerintah bekerjasama dengan stakeholder terkait terus melakukan upaya penambahan penerbangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali. "Sudah tercatat penambahan dua (2) penerbangan di Minggu depan. Jadi Bali sudah membuka 23 penerbangan", terang Wagub Cok Ace.

Kolaborasi yang baik tentu saja akan memberikan hasil yang maksimal, mengingat keamanan dan kenyamanan Bali menjadi pertimbangan bagi wisatawan untuk berkunjung kembali, selain karakteristik masyarakat yang ramah, jujur dan inovatif. Hal ini tentu akan menyatukan kembali dua tahun yang sempat senyap akibat pandemi Covid-19, yang menyebabkan Bali tertatih dalam mengembalikan perputaran ekonomi yang memang sebelumnya di topang oleh sektor pariwisata.

Konsul Kehormatan Republik Ceko untuk Bali, NTT dan NTB Ida Bagus Gede Sidharta Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa Surya Sewana Festival merupakan sebuah rangkaian perjalanan menuju diselenggarakannya Sanur Village Festival tahun 2022 pada bulan Agustus mendatang. Memasuki tahun ke-15, Sanur Village Festival sudah masuk menjadi kalender event nasional yang berperan dalam promosi pariwisata Bali dan menjadi the best festival by Community.

"Ini menunjukkan masyarakat sanur memiliki kemandirian dan tata kerja membangkitkan dirinya, dengan cara memberikan manfaat kepada banyak pihak dan memberikan suguhan komplit, mulai dari olahraga, pelestarian tradisi dan budaya dan secara keseluruhan memiliki 36 program.Sanur Village Festival menjadi media bagi insan kreatif dengan jumlah keterlibatan 2000 hingga 2500 seniman", tegasnya.

Diimbuhkan oleh Gusde Sidharta bahwa Surya Sewana Festival mengambil makna sebuah prosesi yang dilakukan oleh para sulinggih saat menyambut matahari pagi sebagai awal sebuah kehidupan. Dimana pelaksanaan Surya Sewana Festival yang merupakan Road to Sanur village festival pada17-21 Agustus di pantai matahari terbit mendatang adalah sebuah cerminan kehidupan baru bagi masyarakat Bali khususnya Kota Denpasar yang sudah dua tahun lebih berperang melawan pandemi Covid-19.

Pembukaan Surya Sewana Festival juga dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, sejumlah Konsulat Negara tetangga dan tokoh masyarakat setempat.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa berharap Sanur yang merupakan jantung dari Kota Denpasar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi permata dari Denpasar dan kembali memberikan cahaya bagi perputaran ekonomi yang sehat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar