Surya Sewana, Warming Up Event Sanfest 2022

KBRN, Sanur : Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) akan kembali menggelar Sanur Village Festival (SVF) atau Sanfest. 

Sanfest bakal digelar pertengahan Agustus 2022.

Sebelum memulai kemeriahan SVF, YPS akan menggelar event bertajuk “Surya Sewana Road to Sanfest 2022".

Surya Sewana Road to Sanfest 2022 merupakan warming up event Sanur Village Festival.

Event pemanasan ini dilaksanakan di Kebun Terbuka Griya Santrian Resort Sanur, 1-3 Juli 2022.

Ketua Sanfest 2022 Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan Sanfest akan digelar pada 17-21 Agustus 2022.

Ia berharap, Sanfest 2022 dapat mengobati kerinduan masyarakat dan wisatawan. 

Hal itu karena Sanfest sempat dipaksa vakum dua tahun (2020 dan 2021) akibat pandemi Covid-19. 

“Road to Sanfest 2022 mengusung tema Surya Sewana sebagai bentuk rasa syukur atas pulihnya kembali denyut nadi kehidupan pariwisata di Bali dan hadirnya kembali aktivitas kreatif masyarakat,” katanya kepada wartawan di Sanur, Rabu (29/6/2022). 

Menurut pria yang akrab disapa Gusde sore ini, serangkaian Surya Sewana Road to Sanfest 2022 akan diresmikan pameran lukisan “Pijar Berpendar”.

Pameran lukisan yang bertempat di Griya Santrian Gallery akan dibuka 29 Juni 2022 dan berlangsung selama dua bulan.

Selain itu ada dua mata acara yang menjadi bagian dari Sanfest.

Dua acara itu menjadi ajang bagi para penghobi otomotif dan olah raga lari.

"Serangkaian Surya Sewana Road to Sanfest 2022 akan diselenggarakan Motor Show di Pantai Mertasari pada tanggal 8 sampai 10 Juli 2022 serta Night Light Fun Run pada 6 Agustus 2022," jelas Gusde. 

Layaknya Sanfest, Surya Sewana juga akan menyajikan musik, pertunjukan budaya, bazaar culinary, fashion show, sunrise yoga, creative art, talkshow, dan art exhibition. 

“Surya Sewana Road to Sanfest 2022 diharapkan dapat mengobati kerinduan pengunjung yang sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19 seraya menunggu acara puncak Sanfest pada Agustus 2022 mendatang,” sebutnya.  

Deretan pendukung acara yang telah siap meramaikan Surya Sewana diantaranya, Balawan, Sandhy Sondoro, Pongki Barata, Cracy Horse, Allien Child, Bali Bosa Band, Astera, Sound of Mirror, Jampiro Band, Gus Agung Gotama, Soulfood, dan penampil lainnya.

Gusde lebih lanjut menjelaskan, Surya Sewana merupakan ritual menyambut mentari pagi dalam lantunan doa dan mantra.

Sejalan dengan itu, keluarga besar yoga asanas Seger Oger akan menggelar yoga massal di tepi Pantai Griya Santrian Resort pada 3 Juli 2022. 

"Sedikitnya 500-an peserta yoga yang akan turut serta memaknai Surya Sewana melalui gerakan-gerakan asanas surya namaskara di tepi pantai," bebernya. 

"Setelah yoga di pagi hari, pengunjung bisa menikmati berbagai acara fun bernuansa Sunday Market Sewana Surya di venue utama Kebun Terbuka Griya Santrian Resort," lanjut Gusde. 

Beragam aktivitas permainan anak-anak, kuliner, sayur dan buah segar, bunga, dan aneka hiburan akan memanjakan pengunjung sambil menikmati paginya Pantai Sanur.

“Surya Sewana Road to Sanfest 2022 adalah penyemangat bagi komponen SVF untuk meng-install ulang serta mengikat spirit kembali untuk menggelar hajatan akbar SVF pada Agustus 2022. Seperti diketahui Sanfest 2022 juga masuk dalam agenda Kaharisma Event Nusantara 2022 Kemenparekraf,” tuturnya. 

Gusde menyebut pengunjung Surya Sewana Road to Sanfest 2022 dikenakan tiket masuk.

Langkah itu untuk mengontrol kapasitas tempat penyelenggaraan maupun faktor menjaga jarak (social distancing).

Mengacu pada e-poster Surya Sewana Road to Sanfest 2022, tiket masuk bisa dibeli secara online dengan penawaran presale Rp35.000 untuk kunjungan sehari atau tiket terusan untuk tiga hari Rp100.000.

Sedangkan pembelian tiket reguler di tempat Rp50.000 per hari.

Pembelian tiket online dapat dilakukan melalui melalui laman https://goers.co/suryasewana atau dengan memindai QR code di e-flyer Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang telah beredar. 

Gusde menambahkan seluruh kegiatan ini bernaung dibawah payung Sanur Village Festival dengan tema utama “The New Spirit of Heritage”. 

"Sanfest 2022 kali ini dihantarkan melalui tema Surya Sewana adalah spirit kuat menuju pelaksanaan maupun kesuksesan Sanfest 2022," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar