Dukung Pemulihan Pariwisata Bali, MUF Salurkan CSR ke Desa Penglipuran

KBRN, Bangli : Kepariwisataan Bali sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menyadari signifikansi dampak pandemi, pemerintah pusat melakukan berbagai upaya untuk memulihkan sektor pelesiran Pulau Seribu Pura.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui seluruh lini usahanya, menjadi satu yang paling aktif dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi dan pariwisata Pulau Dewata. 

Kali ini PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, melalui Mandiri Utama Finance (MUF) menunjukkan kepedulian dengan bantuan nyata terhadap upaya pemulihan pariwisata di Bali. 

Bantuan itu diejawantahkan dengan program MUF Peduli Desa Budaya berupa donasi CSR / Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp 120.000.000.

CSR / TJSL tersebut untuk membantu merenovasi dan membangun 3 loket tiket Desa Adat Penglipuran, Bangli, Bali. 

Direktur Keuangan & Relasi Bisnis MUF, Rully Setiawan berharap, program ini dapat mencapai Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs).

"Program ini kami harapkan dapat membantu pencapaian dari tujuan SDGs poin kedelapan yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, tujuan SDGs kesebelas yakni Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan, dan tujuan SDGs ketujuh belas yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan," katanya kepada wartawan di Desa Penglipuran, Sabtu (25/6/2022). 

"Dengan demikian diharapkan dapat membantu agar destinasi beserta seluruh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di dalamnya bangkit, dan siap memasuki masa adaptasi kebiasaan baru," imbuhnya. 

Melalui kegiatan MUF Peduli Desa Budaya di Desa Adat Penglipuran juga diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

"Sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, Mandiri Utama Finance (MUF) kedepannya akan rutin menyelenggarakan program MUF Peduli setiap tahunnya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat. Ruang lingkup kegiatan MUF Peduli yang dilakukan meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat, sarana dan prasarana umum serta pada bidang keagamaan," tuturnya. 

Ia menjelaskan, Mandiri Utama Finance (MUF) merupakan perusahaan pembiayaan dengan skala besar.

Segmen pembiayaan MUF difokuskan kepada bidang otomotif, baik baru maupun bekas serta pembiayaan syariah dengan orientasi bisnis peningkatan volume nasabah beserta pembiayaan yang signifikan.

“Industri pariwisata Indonesia tengah menghadapi masa kebangkitan kembali setelah dihantam pandemi. Dalam kegiatan MUF Peduli Desa Budaya dilakukan dengan merenovasi serta membangun loket tiket baru di Desa Budaya Penglipuran. Mandiri Utama Finance (MUF) ingin ambil bagian dan bersama-sama dengan pemerintah dan pelaku industri pariwisata lokal di Bali untuk membangkitkan kembali pariwisata domestik,” ungkap Rully. 

Sebelumnya, Mandiri Utama Finance telah berhasil mencatatkan beberapa prestasi terbaik di tengah situasi pandemi. 

Beberapa penghargaan berhasil diraih, seperti Indonesia Most Acclaimed CFO yang diberikan kepada Direktur Mandiri Utama Finance Rully Setiawan, penghargaan Indonesia Best CEO 2021 untuk kategori The Best CEO 2021 with Distinction yang diraih oleh Direktur Utama Mandiri Utama Finance Stanley Setia Atmadja dan penghargaan The Best Public Relation in Company Management on Integration of Digital Products and Services di ajang Indonesia Corporate PR Awards 2022.

Hingga kini, Mandiri Utama Finance (MUF) berhasil memberikan kemudahan untuk mendapatkan pembiayaan mulai dari pembiayaan mobil baru dan bekas, motor baru dan bekas, serta pembiayaan multiguna dengan dua sistem pembiayaan di total 116 jaringan konvensional dan 109 jaringan Syariah di seluruh Indonesia.

"MUF telah berhasil mencapai double digit growth dan hal tersebut tidak terlepas dari 4 strategi yang dilakukan MUF untuk terus bertumbuh di tengah situasi pandemi yaitu melakukan konsep right strategy, right leadership, right execution dan succesy. Keseluruhan konsep ini kami tanamkan ke dalam setiap langkah perusahaan dalam menjalankan program corporate social responsibility yang tepat sasaran, melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dan juga tentunya bersama rekan-rekan media," bebernya. 

Sementara itu Kelian Desa Adat Penglipuran, I Wayan Budiarta mengapresiasi kepedulian Mandiri Utama Finance. 

"Saya mewakili Desa Adat Penglipuran mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mandiri Utama Finance yang sudah memberikan CSRnya kepada Desa Adat Penglipuran," ungkapnya.

"Jadi besar harapan kami, hal seperti ini bisa berlanjut dan kami dari Desa Adat Penglipuran menjadi mitra Mandiri Utama Finance, khususnya terkait dengan pelestarian adat dan tradisi yang merupakan ikon wisata di Desa Adat Penglipuran," sambungnya.

Budiarta mengakui, kunjungan wisata di Desa Adat Penglipuran mulai pulih. 

Tren positif ini menjadi buah dari sejumlah pelonggaran regulasi oleh pemerintah pusat. 

"Per hari ini, Sabtu 25 Juni 2022, kunjungan di bulan Juni saja sudah 2.000 orang. Angka ini melebihi tren kunjungan sebelum pandemi Covid-19. Kalau untuk wisatawan asing kami perkirakan kunjungannya antara 100 orang per hari," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar