Adaptif dan Inovatif, Kunci Sukses AAUI di Tengah Pandemi Covid-19

KBRN, Denpasar : Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Denpasar menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), di Inna Heritage Hotel Bali, Rabu (19/1/2022). 

Beberapa hal disepakati dalam kegiatan yang diikuti kepala cabang dan perwakilan 48 perusahan asuransi umum se-Bali itu. 

Kesepakatan itu secara garis besar merepresentasikan strategi perusahaan asuransi umum dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Ketua AAUI Cabang Denpasar, Dina Isana Dewi mengakui, pandemi Covid-19 mewajibkan perusahaan asuransi umum adaptif dengan situasi.  

"Di era pandemi ini kami dituntut untuk cepat beradaptasi dengan tatanan dunia baru dan kami  berharap semakin banyak inovasi yang dilakukan perusahaan asuransi di Indonesia," ungkapnya kepada RRI.co.id di Denpasar, Jumat (28/1/2022). 

Dina mengatakan, perusahaan asuransi umum juga dituntut inovatif dalam pemanfaatan teknologi. 

Perluasan teknologi digital yang masif, diharapkan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan asuransi umum. 

"Perluasan teknologi digital diharapkan akan semakin masif dilakukan oleh perusahaan asuransi, karena kami percaya teknologi digital akan meningkatkan efisiensi dan profitability," ujarnya. 

"Semakin banyak perusahaan asuransi yang inovatif tidak hanya menguntungkan perusahaan saja tapi juga menguntungkan bagi masyarakat. Karena masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi, membeli produk dan layanan secara langsung melalui portal digital tersebut," lanjutnya. 

Ketika layanan berbasis teknologi sudah terimplementasi, Dina mengakui, perusahaan asuransi umum kembali menghadapi tantangan baru. 

Tantangan baru itu berupa persaingan yang kian ketat diantara perusahaan asuransi umum di Indonesia, termasuk di Bali. 

Berbicara kompetisi, AAUI tetap menekankan pentingnya persaingan sehat diantara seluruh perusahaan asuransi umum. 

"Ketika semua perusahaan sudah berinovasi dengan teknologi maka kompetisi harus dijaga supaya tetap sehat dan elegan sehingga citra industri asuransi umum semakin baik di masyarakat," tegasnya. 

Ditanya portofolio tahun 2021, Dina menyampaikan kinerja perusahaan asuransi umum menunjukkan pertumbuhan positif. 

Mengacu data nasional, premi asuransi umum pada kuartal III-2021 tumbuh 2,2% dibandingkan periode sama tahun 2020. 

"Kami optimis untuk tahun 2022 pertumbuhan premi asuransi umum berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah," pungkasnya.

Pada Rakerda AAUI Cabang Denpasar turut diserahkan penghargaan kepada tiga anggota yang memasuki masa purnabakti. 

Ketiga anggota itu rata-rata memiliki masa kerja lebih dari 30 tahun di industri asuransi umum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar