Lawan Pinjol Ilegal, Kredit bjb 'Mesra' Rambah Bali

KBRN, Denpasar : bank bjb meluncurkan kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) di samping Pura Melanting Pasar Badung Dangin Puri Kangin, Selasa (18/1/2022). 

Event bertajuk bank bjb Mesrakan Bali tersebut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, dan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, kredit Mesra merupakan inovasi keuangan bagi masyarakat klas menengah ke bawah. 

Kredit Mesra adalah penggabungan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, dan sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

"Jadi pemberian kreditnya dilaksanakan di seputaran rumah ibadah agama masing-masing," kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut. 

Kang Emil menjabarkan, kredit Mesra digulirkan tanpa agunan.

Selain itu, debitur juga tidak dikenakan bunga. 

"Ada administrasi, tapi bukan bunga. Jadi kalau ada apa-apa tidak mencekik dan tanpa agunan, kalau tidak punya aset," bebernya. 

"Untuk melawan rentenir atau pinjaman online ilegal yang memberatkan masyarakat Bali," lanjutnya. 

Penyaluran kredit Mesra menganut konsep berkelompok berbasis rumah ibadah. 

Tujuannya, ketika salah seorang bermasalah dalam pembayaran, akan dibantu anggota kelompok lainnya. 

"Hasilnya luar biasa (di Jawa Barat), sudah puluhan miliar kita gelontorkan kepada masyarakat kurang mampu di rumah-rumah ibadah masing-masing," jelasnya. 

Kang Emil lebih lanjut menjelaskan, kredit Mesra memiliki tenor 12 bulan. 

Tenor singkat dianggap skema tepat bagi masyarakat yang ingin menambah modal ataupun berniat membuka usaha berskala mikro.

"Kredit ini karena sudah dihitung, itu pinjaman untuk 12 bulan. Makanya kan skalanya kecil, buat dagang, buat warung," ucapnya. 

"Syaratnya bisa menghubungi bank bjb terdekat, bentuknya berkelompok lebih disukai ketimbang perorangan, kemudian hubungi pengurus rumah ibadah terdekat di wilayahnya. Karena kami menginginkan warganya rajin beribadah, tapi juga sejahtera karena di dekat rumah ibadahnya ada pertolongan," sambung Kang Emil. 

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati pada kesempatan yang sama menilai, kredit Mesra adalah iktikad baik dalam membangkitkan perekonomian Pulau Dewata.

"Ini sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Acara hari ini saya kira sejalan dengan Sad Kertih utamanya jagat kertih, yaitu berbuat kebaikan untuk sesama," katanya.

Pada peluncuran kredit bjb Mesra, juga diserahkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), dan penyerahan kredit bjb Mesra kepada Jemaah Muslim atas nama Wiwin Megawati serta penyerahan kredit bjb Mesra Kepada Umat Hindu atas nama I Putu Riawan Atmaja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar