Bali Pulau Karantina, Ahli Virologi Tekankan Ini

Bali Diusulkan sebagai Pulau Karantina - Ist

KBRN, Badung : Wacana Bali dijadikan Pulau Karantina semakin berhembus kencang. Ahli Virologi Unud pun meminta Pemerintah memperjelas skema Pulau Karantina hingga mempersiapkan managemen resiko jika usulan tersebut disetujui Pusat.

Ahli Virologi dan Biologi Molekuler Universitas Udayana Profesor I Gusti Ngurah Kade Mahardika dikonfirmasi RRI di Badung, Senin (17/1/2022) mengatakan, kebijakan Pulau Karantina harus jelas, dalam artian wisatawan yang dikarantina apakah sepenuhnya berada dihotel atau bisa beraktivitas asalkan di area Pulau Karantina. Menurutnya, jika hanya di dalam hotel tentu tidak memberikan imbas terhadap destinasi wisata lain di Bali.

Prof Mahardika mengungkapkan,  Thailand dan Maldives sejatinya sudah menerapkan kebijakan tersebut, dimana wisatawan bisa beraktivitas sepanjang hanya berada di Pulau yang dijadikan lokasi karantina. Pengawasan Pulau Karantina juga harus ketat dengan rutin pemeriksaan Swab PCR. 

“Kalau masuk Bali tetap saja dihotel sama saja dengan kebijakan sebelumnya, kalau Bali mungkin di Nusa Dua bisa beraktivitas di areal itu saja mungkin boleh, ketika keluar ke daerah lain ga boleh atau diuji dulu PCR nya baru bisa disebut Pulau Karantina”, ucap Prof. Mahardika

Sementara, Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista mengatakan, apapun kebijakan Pemerintah yang muaranya untuk pemulihan pariwisata tentu menjadi angin segar bagi pariwisata Pulau Dewata. Menurutnya, menjadikan Bali sebagai Pulau Karantina harus didukung sarana prasarana yang lengkap, sehingga tidak menjadi boomerang ditengah pandemic. Ia mengungkapkan, Kuta sebagai kampung turis sangat memerlukan kebijakan pro pariwisata, apalagi hingga saat ini Kuta belum menunjukkan geliat pariwisata yang signifikan.

“Sampai saat ini belum ada ya wisatawan mancanegara, karena itu diperlukan kebijakan yang mendorong geliat pariwisata khsususnya mancanegara. Pemulihan ekonomi dan pariwisata harus segera dilakukan, Kuta saja belum ada pergerakan masih lesu ekonominya”, ungkap Wasista.

Bali diusulkan menjadi Pulau Karantina wisatawan mancanegara. Karantina di Bali didorong menggunakan pola wilayah dalam artian seluruh wilayah ditetapkan sebagai pulau karantina dan wisatawan dapat memilih hotel yang sudah tersertifikasi CHSE. Sejumlah persiapan terus dimatangkan mulai dari penyesuaian kemudahan visa, penerbangan langsung dan karantina fleksibel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar