Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Owner ZIN Hotels Canggu yang Peduli Lingkungan Bali

KBRN, Canggu : Pemerintah Provinsi Bali memiliki dua pedoman dalam percepatan peralihan ke kendaraan listrik.

Dua pedoman itu meliputi Peraturan Gubernur Bali (Pergub) Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Bebasis Baterai, dan Pergub Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih. 

Kedua Pergub itu tampaknya mendapatkan respon positif dari masyarakat. 

Tak hanya masyarakat lokal, ekspatriat yang lama menetap di Bali pun antusias dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik. 

Antusiasme itu salah satunya ditunjukkan Pemilik ZIN Hotels, Canggu, Badung-Bali, Manengu. 

Warga Negara Asing (WNA) asal Belanda yang sudah 12 tahun menetap di Bali, memulai untuk peralihan ke kendaraan listrik di properti miliknya.

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik di ZIN Hotels, Canggu, memberikan efek domino yang signifikan. 

Selain ramah lingkungan, perawatan kendaraan listrik disebut lebih murah dan efisien. 

"Kami bahkan telah membangun ekosistemnya. Di ZIN Hotels, kami menggunakan kendaraan listrik untuk para tamu hotel," katanya kepada wartawan, di Canggu, Sabtu (15/1/2022).

"Bahkan kami menjadikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi operasional karyawan," imbuhnya.

Manegu mengaku, pihaknya juga telah bekerjasama dengan pengelola Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Canggu.

Kerjasama itu untuk menjaga kebersinambungan penggunaan kendaraan listrik. 

"Kami sudah melakukan kerjasama intensif dengan SWAP Poin sebagai Pusat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di kawasan Canggu," jelasnya. 

Dukungan terhadap 'Bali Go Green', ia lakukan juga dalam bentuk kerjasama dengan kendaraan listrik Moseli888.

Bahkan hotel yang terletak hanya 300 meter dari Pantai Batu Bolong ini berencana melengkapi 'rooftop' nya dengan energi tenaga Surya (solar panel).

"Rooftop ini nantinya juga kami lengkapi dengan solar panel. Solar panel ini untuk memastikan, bahwa kami memiliki cadangan energi yang cukup sebagai persiapan menjadi Pusat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)," ujarnya. 

Pihaknya dipastikan terus mendukung upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, dan sehat. 

Selain itu, penggunaan kendaraan listrik diyakini lebih hemat. 

"Kami siap menularkan semangat ini kepada pengusaha lain," tegasnya. 

General Manager Zin Resort & Villa, Dewa Teja di tempat yang sama menyampaikan, pihaknya menggandeng kendaraan listrik MOSELI888 untuk mobiltas para tamu.

Diakui wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sangat antusias menyewa kendaraan listrik untuk mendukung aktivitas liburannya di Bali. 

"Biasanya para tamu yang menetap 'long stay' sangat menyukai untuk mengendarai motor ataupun sepeda listrik," ucapnya. 

"Kami bertekad akan menjadikan Zin Resort & Villa sebagai 'role model' penerapan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) sesuai Pergub 48 Tahun 2019 semoga dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan 'udara yang bersih' untuk Bali," lanjutnya. 

Ia pun menyampaikan alasan dipilihnya Moseli888 sebagai moda transportasi penunjang di Zin Resort & Villa.

Alasan utamanya adalah, produk Moseli888 lebih simpel dibandingkan kompetitor. 

"Karena merek ini model serta perawatannya simpel, tetapi sangat berkualitas dan tampilannya futuristik serta andal," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar