Pemkot Denpasar Beri Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Ecopark

KBRN, Denpasar: Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar menggelar kegiatan pelatihan  pemandu wisata buatan ecopark, Kamis (21/10/2021). Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata buatan ecopark agar dapat memenuhi standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan wisata buatan ecopark.

Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pariwisata, khususnya di Denpasar. Terlebih dalam waktu dekat ini, Bali diwacanakan untuk dibuka kembali untuk menerima kunjungan wisatawan mancanegara, melalui program green zone.

“Saya menyambut baik diselenggarakannya pelatihan ini yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka sehingga menjadi pemandu wisata yang profesional sehingga dapat tercipta pariwisata yang berkualitas serta dapat mengembangkan dan menularkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini di daerahnya masing-masing,” kata  Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, saat membacakan sambutan Walikota Denpasar secara tertulis.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan kegiatan di masa pandemi ini tentu tidak sama dengan keadaan normal. Karenanya kepada para peserta khususnya  diminta untuk tetap mentaati protokol kesehatan sehingga pandemi covid 19 dapat terkendali. Dengan demikian, wisatawan tidak merasa khawatir untuk menikmati aktivitas berwisatanya.

Seperti diketahui bahwa dasar pengembangan pariwisata adalah trust atau kepercayaan lebih-lebih di masa sekarang ini, dimana semua daerah tujuan wisata di seluruh dunia  berlomba-lomba ingin membuka gerbangnya, maka kita perlu menyiapkan berbagai aspek untuk dapat memenangkan persaingan yang semakin kompetitif. Salah satunya adalah penyiapan sumber daya manusia pariwisata yang berkualitas sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan pasar.

“Kepada para peserta pelatihan pemandu wisata buatan ecopark, kami mengucapkan selamat mengikuti pelatihan dan menitipkan harapan untuk dapat mengikuti pelatihan  ini secara bersungguh -sungguh, sebagai komitmen kita untuk pariwisata Bali berkualitas. Semoga apa yang dilaksanakan pada hari ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kembali bangkitnya pariwisata Bali”, ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Wayan Hendaryana, mengatakan adapun peserta kegiatan pelatihan sebanyak 50 (lima puluh) orang berasal dari pekerja pada daerah tujuan wisata Kota Denpasar, desa wisata dan masyarakat umum di kota denpasar dan sekitarnya.Kegiatan tersebut dilakukan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 21 hingga 23 oktober 2021.

“Diharapkan pelatihan ini peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan kegiatan wisata di ecopark. Serta peserta mengetahui dan memahami pengembangan informasi tentang flora dan fauna serta interpretasi dalam pemanduan wisata di ecopark,” ungkap Hendar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00