PPKM Kembali Diperpanjang, Pemulihan Ekonomi Bali Lambat

PPKM Level 4 Diperpanjang - Ist

KBRN, Denpasar : Belum melandainya kasus covid 19 di Indonesia termasuk Bali menjadi pertimbangan Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat – PPKM hingga 9 Agustus mendatang. Keputusan Pemerintah tersebut justru menuai kritikan, pasalnya upaya memulihkan kesehatan masyarakat dinilai tidak sejalan dengan pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali yang hingga kini masih jalan ditempat.

Praktisi Pariwisata Bali I Nyoman Rutha Adi dikonfirmasi RRI di Denpasar, Selasa (3/8/2021) mengaku kecewa dengan kembali diperpanjangnya PPKM. Menurutnya, perpanjangan PPKM yang berjilid – jilid justru semakin melemahkan ekonomi Bali. Rutha Adi berharap ada solusi terbaik dari  penanganan covid 19, sehingga pemulihan kesehatan masyarakat sejalan dengan pemulihan ekonomi dan pariwisata Pulau Dewata.

“Cukup lama ini tidak akan berlangsung pembukaan pariwisata Bali ini, oleh karena itu mungkin Pak Gubernur bersama jajaran DPRD bagaimana caranya supaya perekonomian Bali ini bisa berputa, sehingga keluhan – keluhan masyarakat menghadapi pandemic ini bisa teratasi,” pungkas Rutha Adi.

Sementara, Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia – IAKMI Bali I Made Kertadhuana  mengatakan, jika mengacu pada perkembangan terakhir tingkat hunian rumah sakit di Bali yang meningkat serta trend kasus secara nasional yang naik sangat wajar PPKM diperpanjang. Ia mengungkapkan, ekonomi dan pariwisata akan pulih jika masyarakat sebagai garda terdepan terjamin kesehatannya. Menurut Kertadhuana, Pemerintah tentu telah mempertimbangkan unsur kehatian – hatian dalam perpanjangan PPKM, sehingga tidak menjadi boomerang ditengah pandemic.

“Tetapi kembali bahwa kehati – hatian itu menjadi hal yang jauh lebih penting dalam hal ini pencegahan itu jauh lebih penting mengingat pada situasi saat ini, sehingga keputusan Pemerintah adalah sesuatu hal yang tentu bertujuan baik,” ucap Made Kertadhuana.

Diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat – PPKM hingga 9 Agustus menjadi keputusan Pemerintah pasca kembali meningkatnya hunian pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit di Indonesia termasuk di Bali. Filter masuk Bali pun diharapkan lebih diperketat dengan wajib vaksin dan PCR bukan dengan teknologi lain karena sensitifitasnya jauh lebih rendah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00