Serba-serbi Kuliner dalam Pesta Kesenian Bali

Nasi Betutu Kober-Ajik Kober Poleng
Warung Man Ali-Bella Aliani

KBRN, Denpasar: Pesta Kesenian Bali (PKB) tidak saja berkutat dengan pertunjukan seni, maupun pameran kerajinan. Namun yang juga selalu dirindukan adalah sajian aneka kuliner khas Bali yang siap menggoyang lidah para pengunjung Taman Budaya Denpasar.

Salah satu kuliner khas Bali yang bisa dinikmati yakni Nasi Ayam Betutu khas Buleleng. Dengan cita rasa dominan pedas dan asin, pemilik stand Kuliner Buldog, Ajik Kober Poleng optimis mampu menarik minat pembeli di areal Pesta Kesenian Bali.

“Kami masih tetap konsisten dengan masakan Nusantara khususnya Bali yaitu Nasi Ayam Betutu khas rasanya dari Singaraja, Buleleng”, ucapnya.

Dalam Dialog Serba-serbi PKB RRI Denpasar Senin, (14/6/2021), Ajik Kober Poleng menuturkan di masa pandemic covid-19, dirinya berjuang untuk bertahan dengan usahanya. Inovasi pun terus dilakukan, yakni merambah penjualan melalui online.

“Perbedaannya ada di rasa. Kita tahun untuk di Bali semua daerah punya, kalau kita khusus dari Singaraja itu tidak terlalu dengan wangenan, dan juga rasanya itu sudah cukup rasa yaitu asin dan pedas terutama. Pemasaran kita sudah buka dengan warung, kemudian merambah di online juga, dan bersyukur juga dilibatkan dalam PKB tahun ini”, ungkapnya.  

Selain Nasi Ayam Betutu Ajik Kober Poleng, stand kuliner Pesta Kesenian Bali juga tersaji menu favorit lainnya seperti Tipat Cantok, Sayur Serombotan, Rujak serta es daluman. Pemilik stand Kuliner Man Ali, Bella Aliani mengatakan menu-menu favorit andalannya tersebut hanya disiapkan khusus setahun sekali pada saat gelaran PKB saja.

“Saya hanya berjualan saat PKB saja setahun sekali. Unggulan warung Man Ali ini yaitu Tipat Cantok, Rujak dan Serombotan”, tuturnya.

Bella Aliani menyadari di masa pandemic ini, penghasilan yang diperolehnya menjadi turun derastis dibandingkan sebelum covid-19 merebak. Ia berharap pandemic ini segera berakhir, sehingga kemeriahan Pesta Kesenian Bali (PKB) dapat kembali dirasakan masyarakat Pulau Dewata termasuk para pecinta kuliner.

“Sangat sulit dan jauh bedanya, dari segi pengunjung dan penghasilan sangat berbeda. Semoga pandemi ini segera selesai”, harapnya.

Terkait sajian pertunjukkan seni, pengunjung Taman Budaya Denpasar esok hari Selasa, (15/6/2021) akan disuguhkan Lomba Gender Wayang Anak-anak di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar pukul 10.00 wita, dilanjutkan pada tempat yang sama Lomba Taman Penasar Sekaa Taman Penasar “Kriya Sandhi” Banjar Dinas Saren Kauh, Desa Budakeling Bebandem Duta Kabupaten Karangasem pukul 14.00 wita, kemudian malam harinya pukul 19.00 wita di Gedung Ksirarnawa akan tersaji Pagelaran Drama Gong Klasik “Pusaka Murbeng Bumi” Sanggar Seni Sekar Hati Banjar Kutuh Desa Sayan Ubud Kabupaten Gianyar. Dalam menonton pertunjukkan tersebut masyarakat pun tetap diimbau menaati protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00