Angklung Daun Kutus Khas Buleleng Pukau Pengunjung PKB

KBRN, Denpasar:  Perhatian para pengunjung Pesta Kesenian Bali (PKB) semalam Selasa, (28/6/2022)  sebagain besar tersita di Kalangan Ayodya Taman Budaya Denpasar.

Rekasadana (Pergelaran) kesenian Angklung Daun Kutus Sanggar Seni Karya Remaja, Desa Sari Mekar, Buleleng sukses menghibur penonton.

Kesenian Angklung Daun Kutus tersebut sampai saat ini masih tetap lestari di wilayah Bumi Panji Sakti, bahkan sering ditampilkan dalam upacara Pitra yadnya, Dewa Yadnya termasuk Manusa Yadnya, seperti dituturkan Koordinator Seniman Angklung Daun Kutus Sanggar Seni Karya Remaja Ni Luh Made Fitri Yudi Astuti.

“Angklung Daun Kutus itu adalah Angklung ciri khas Buleleng. Biasanya Angklung itu Daunnya 4, kalau di Buleleng itu Daunnya Kutus. Ini dalam upacara Pitra Yandnya dan Manusa Yadnya juga dipentaskan”, tuturnya.

Spesial dalam PKB tahun ini, berbagai tabuh, dan tarian termasuk Tari Joged khas Buleleng juga tersaji demi menghibur penonton di Taman Budaya. Tercatat 9 penari dan 25 orang penabuh yang terlibat dalam pementasan kali ini sukses melakoni tugasnya masing-masing, meskipun diakui waktu latihan sangat singkat hanya 4 bulan saja.

“Kita menampilkan Tabuh Pengangklungan, Lelemesan, ada Tabuh Kreasi Lalah Manis, ada Tari Kembang Deeng, Tari Palawakya dan Joged”, ungkapnya.

Luh Made Fitri Yudi Astuti berharap Kesenian Angklung Daun Kutus ini tetap lestari di masa mendatang, dan semakin banyak seniman muda dapat menekuni kesenian tersebut.

Pada Rabu, (29/6/2022), berbagai acara juga masih tersaji di ajang PKB. Pukul 10.00 wita di Ruang Padma Dinas Kebudayaan Propinsi Bali tersaji Widyatula (Sarasehan) Seni Tari “Pertunjukan Tradisi dan Ritus Air”, sedangkan sore hari pukul 17.00 wita  di Kalangan Ayodya dapat disaksikan Pergelaran Tari dan Tabuh Iringan Selonding Komunitas Manubada, Banjar Apuan Desa Singapadu, Sukawati Gianyar, dan malam harinya pukul 19.00 wita tersaji Pergelaran kolosal Kolaborasi Sanggar Wahana Gurnita Duta Kota Denpasar di Gedung Ksirarnawa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar