Meriah!, Gong Kebyar Duta Badung Diserbu Penonton PKB

KBRN, Denpasar: Pendengar, arena Pesta Kesenian Bali (PKB) semalam sabtu, (25/6/2022) penuh sesak dengan para penonton yang memadati Panggung Terbuka Ardha Candra.

Seluruh tribun penonton tak berisa, sehingga kerumunan penonton juga banyak penonton dari layar lebar yang disediakan Panitia PKB di depan tangga masuk Panggung Terbuka Ardha Candra.

Kepadatan pengunjung tersebut tak lain karena ingin menyaksikan para duta-duta Gong Kebyar Kabupaten Badung Dewasa, Wanita dan Anak-anak.

Koordinator Gong Kebyar Anak-anak Sanggar Seni Dwi Kumala Banjar Ulapan 2, Desa Blahkiuh Kecamatan Abiansemal-Badung I Putu Sukadana kepada RRI mengungkapkan ada tiga garapan spesial yang ditampilkan anak asuhnya dalam pentas kali ini.

“Kita menampilkan tabuh pepanggulan ciri khas Blahkiuh dalam judul Gili Manik. Inspirasinya dari Gili Dukuh tempat pemandian dan tempat melasti di lingkungan kami di Blahkiuh. Ini sesuai dengan tema PKB juga”, ungkapnya.

Putu Sukadana mengakui, mencari bibit-bibit seniman Gong Kebyar anak-anak pelru perjuangan ekstra. Dirinya bahkan harus menyeleksi dari 7 banjar yang ada di Desa Blahkiuh demi mendapatkan bibit handal. Dalam pementasan di PKB kali ini, dirinya mengutus 37 penabuh, dan 12 orang untuk mementaskan dolanan berjudul Lelakut.

“Kedua kita tampilkan dolanan berjudul Lelakut, ini cerita di Blahkih juga, kemudian juga ada tabuh kreasi Hujan Teduh”, tuturnya.

Putu Sukadana berharap, pemerintah di masa mendatang tetap menjaga komitmennya untuk melestarikan kesenian Gong Kebyar, mengingat kesenian ini masih menjadi primadona saat PKB berlangsung.

Sementara itu, untuk menghibur pengunjung PKB di hari libur Minggu, (26/6/2022)  pagi akan tersaji Berbagai Wimbakara (lomba) di Gedung Ksirarnawa pukul 10.00 wita, meliputi lomba peragaan Busana Kerja Adat Bali,  Peragaan Busana Casual berpasangan, dan Busana Pengantin. Kemudian sore harinya pada pukul 17.00 wita tersaji Pagelaran Rekonstruksi Kesenian Dramatari Parwa Sang Kalya, dan malam harinya Gong Kebyar Duta Kabupaten Buleleng siap menghibur para pengunjung PKB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar