PKB Virtual, Seniman Lebih Kreatif Hasilkan Karya Berkualitas

Komunitas Seni

KBRN, Badung : Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 43 tahun ini dipastikan berlangsung dengan pertunjukkan seni budaya luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Pementasan kesenian yang bisa dinikmati melalui kanal online dan mengedepankan protokol kesehatan itu dipastikan menjadi tontonan sehat ditengah pandemi.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Putu Gede Eka Sudarwitha dikonfirmasi RRI di Denpasar, Minggu (6/6/2021) mengatakan, kendati 50 persen pertunjukkan seni budaya akan digelar secara virtual, PKB tidak akan menjadi tontonan yang membosankan karena seniman justru lebih kreatif.

Ia menjelaskan, PKB virtual ini dikemas lebih atraktif dan berkualitas dengan kecanggihan teknologi. Menurut Eka Sudarwitha, pertunjukkan seni budaya dengan platform online ini memberikan tontonan yang sehat bagi masyarakat, karena pementasan seni budaya diatur sesuai protokol kesehatan yang bisa ditonton dari rumah.

Eka Sudarwitha menambahkan, Pesta kesenian Bali dengan tema Purna Jiwa Prananing Wana Kerthi itu menjadi ruang kreativitas seniman menghasilkan tontonan sehat yang mampu membius pecinta seni Pulau Dewata.

“Seniman tetap berkreasi, kita mencarikan ruang atau media – media baru untuk berkreasi menyalurkan kreativitas seni dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, ini akan menjadi tontotan sehat bagi masyarakat,” ucap Eka Sudarwitha.

PKB ke 43 tahun 2021 secara virtual menjadi ruang pengembangan kreativitas seni budaya Bali dengan platform online tanpa mengubah pakem tradisional.

Meski tidak melibatkan banyak orang, pertunjukkan seni budaya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital ini dipastikan tidak hanya digandrungi generasi milenial namun juga seluruh pecinta seni Pulau Dewata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00