Sepanjang Hari Ini, Lhokseumawe Dilanda Dua Karhutla

KBRN, Lhokseumawe: Pada Senin (01/03/2021) wilayah perbukitan Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe dilanda dua kali peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kebakaran melanda padang rumput ilalang (semak belukar) lereng bukit panggoi berdekatan dengan rumah penduduk dan SPBU yang berada di kaki bukit tersebut.

Peristiwa Karhutla pertama terjadi pada Senin siang di lereng bukit belakang SPBU Blang Panyang namun api yang menjalar hingga 1,5 Hektar padang rumput ilalang berhasil dipadamkan.

Namun pada Senin malam pukul 19.00 Wib kebakaran rumput ilalang bukit panggoi kembali terjadi di lokasi berbeda namun masih berdekatan dengan lokasi yang terbakar pada siang hari.

"Lokasinya sangat dekat kawasan pada penduduk simpang tiga (simpang abu nawas) Los Kala, Blang Panyang. Lokasi kebakaran lahan sangat terjal sehingga armada Pemadam Kebakaran hanya memadamkan api dari bawah atau kaki bukit. Sementara dari atas bukit kita padamkan secara manual dari atas", ujar Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) David Ramadhan didampingi Danru Damkar Lhokseumawe, Ridwan, kepada RRI.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe, Hanirwansyah, yang di konfirmasi RRI, menyampaikan penyebab kebakaran diduga karena ulah tangan manusia.

"Saat ini sedang ditangani dan diselidiki oleh Polres Lhokseumawe siapa pelakunya", tegasnya.

Dia juga meminta warga masyarakat agar saling menjaga jangan membakar lahan sembarangan maupun membuang puntung rokok di lahan yang kering.Saat ini sudah memasuki musim kemarau. Sedangkan titik panas mulai terpantau sebagaimana yang di informasikan pihak BMKG, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00