FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Covid-19 di Situbondo Capai 90 Persen

Satgas Vaksin COVID-19 saat menggelar vidcon bersama Gubernur, Kapolda, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Timur, di Ruang IR Pemkab Situbondo. (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. 

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan, Imam Hidayat, vaksinasi terhadap nakes dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama tercapai 94 persen. Tahap kedua pun masih berlangsung.

"Kamis besok vaksinasi nakes bisa tercapai 90 persen, dari 3.389 sasaran," ujarnya kepada RRI, Rabu (24/2/2021).

Owner Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo ini mengaku, mengalami kendala, yakni adanya penolakan beberapa nakes non kesehatan, seperti petugas kebersihan, dan tukang parkir.

"Mereka mungkin masih terpengaruh isu bahaya vaksin melalui sosial media. Namun setelah kita edukasi, mereka akhirnya mau," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi adanya penolakan pada vaksinasi tahap selanjutnya, yakni vaksinasi bagi pelahan publik, Imam mengaku tim Satgas Vaksin Kabupaten, yang terdiri dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, menggencarkan sosialisasi.

"Kita bareng-bareng turun ke masyarakat untuk sosialisasi vaksin. Melakukan pendekatan humanis, biar bisa diterima oleh semua kalangan," bebernya. 

Tercatat, ada sekitar 14 ribu pelayan publik yang menjadi sasaran vaksin tahap kedua, ditambah lansia, yang saat ini masih proses pendataan.

"Lansia juga masuk tahap kedua vaksinasi, kami baru mendapat perintah itu, makanya sedang kita data," tegasnya.

Berdasarkan catatan Satgas Vaksin Covid-19 Situbondo, dari sasaran 3.389 nakes, 2.908 diantaranya sudah divaksin, 108 ditunda, dan batal sebanyak 380 orang.

"Batal divaksin karena diantaranya ada penyintas COVID-19, komorbid, dan tekanan darahnya tinggi," terang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini. (Buy) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00