Kota Semarang Banjir, Warga Diingatkan Waspada

KBRN, Semarang: Hujan dengan intensitas lebat disertai angin telah mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (23/2/2021) sore. Akibatnya, sejumlah jalan protokol terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Winarsono mengatakan, curah hujan yang terjadi menjelang sore tadi memang cukup tinggi. Sehingga, sejumlah jalan mengalami banjir dengan ketinggian air mencapai 20 - 50 cm. 

"Dari data BPBD Kota Semarang, banjir terjadi di kawasan Simpang Lima, jl Pahlawan, Ariloka Kelurahan Krobokan, jl Raya Kaligawe, Yos Sudarso, jl Raya Simongan, jl Pemuda, jl Imam Bonjol, hingga Bundaran Bubakan. Selain itu Kelurahan Mlatiharjo, jl Citarum, Tambak dalam, Mpu Tantular, Cilosari, Muktiharjo Lor, Simpang Supriyadi , Gajah, jl inspeksi Semarang Tengah," Ujar Winarsono kepada RRI, Selasa (23/2/2021).

Dengan kondisi tersebut, BPBD langsung melakukan koordinasi dengan DPU Kota Semarang supaya dapat memaksimalkan pompanisasi untuk mengurangi debit atau genangan air yang terjadi di sejumlah jalan protokol Kota Semarang.

"Alhamdulillah tadi sekitar pukul 17.30 WIB hujan sudah reda. Proses pompanisasi terus dilakukan guna mengurangi debit atau genangan air. Hujan deras yang terjadi tadi cukup merata," jelasnya. 

Ia menambahkan, BPBD juga terus melakukan pemantauan melalui CCTV yang dimiliki, guna memantau sungai di wilayah Mangkang. 

"Kami mengimbau masyarakat, baik yang berada di daerah rawan banjir maupun longsor untuk bisa meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca ekstreem hingga beberapa hari kedepan," imbuhnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00