FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Realisasi Vaksinasi Kota Payakumbuh Capai 90 Persen

KBRN, Padang: Realisasi vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Kota Payakumbuh terbilang tinggi. Satu pekan jelang berakhirnya target vaksinasi, realisasi penyutikkan telah mencapai diangka 90 persen.

"Hingga saat ini, dari 1.160 tenaga kesehatan penerima vaksin, 90 persen sudah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak dua kali," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal, saat dikonfirmasi RRI di Padang, Selasa (23/2/2021).

Bakhrizal mengungkapkan, seluruh tenaga kesehatan yang terdata sebagai penerima vaksin Covid-19 telah disuntik vaksin. Kecuali, tenaga kesehatan yang dalam kondisi hamil. Sebab ibu hamil memang belum diizinkan untuk divaksin Covid-19.

"Dengan adanya aturan baru dari Kemenkes terkait vaksinasi tidak banyak yang batal di vaksin, ibu menyusui telah kami vaksin. Hanya tersisa bagi ibu hamil yang memang belum diperbolehkan," ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Payakumbuh mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 2.320 dosis tahap pertama pada akhir Januari lalu. Sepekan kemudian dimulai pada tahap penyutikkan di awal Februari 2021 pada Forkopimda dan tenaga kesehatan.

"Selain tenaga kesehatan di tahap awal kami juga telah memvaksin pejabat daerah, DPRD, dan komandan TNI," ungkapnya.

Ia memastikan program vaksinasi di Kota Payakumbuh berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan yang ditargetkan. Hingga saat ini, penerima vaksin tidak ditemukan mengalami efek samping yang membahayakan usai divaksinasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00