Pasca Longsor, Jalur Cikajang- Bungbulang Garut Kembali Normal

Petugas Kepolisian sedang memantau jalur Cikajang-Bungbulang pasca longsor (Foto: Irwan R /RRI)

KBRN, Garut: Jalur dari Arah Cikajang menuju Pakenjeng hingga Bungbulang Garut, demikian sebaliknya saat ini sudah bisa dilalui warga atau pengguna kendaraan. Hal ini pasca longsor akibat hujan deras di wilayah setempat.

Kapolsek Pamulihan, Iptu. Masrokan mengatakan, saat ini pihaknya memerlukan alat berat untuk menghancurkan bongkahan batu yang menutupi jalan setempat. "Alhamdulilah jalur selatan dari arah Cikajang-Bungbulang demikian sebaliknya saat ini sudah mulai beeangsur normal," katanya di Garut, Jumat (25/11/2022).

Ia menyampaikan, pihaknya sudah berkordinasi dengan PUPR Provinsi Jabar untuk segera mendatangkan alat berat. Guna mengevakuasi bongkahan batu yang menutupi sebagian badan jalan setempat.

"Hingga menunggu alat berat bantuan dari pemerintah, kami bersama warga bergotong royong dengan alat seadanya. Saat ini jalan sudah bisa dilalui," katanya.

Ia mengimbau kepada warga, untuk meningkatkan kewaspaaaan khusus bagi pengguna jalan tujuan Garut Selatan. Hal ini karena dinilai masih rawan longsor di tengah intensitas curah hujan tinggi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat atau pengguna kendaraan yang melintasi jalur Selatan dari arah Cikajang menuju Pakejeng-Bungbulang agar waspada dan berhati-hati. Saat melintasi jalur tersebut yang dinilai rawan longsor di tengah tingginya intensitas curah hujan saat ini," katanya.