FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksin Covid-19 Tahap Ketiga Tiba di Bali

kadiskes_suarjaya

KBRN, Denpasar: Propinsi Bali kembali menerima vaksin Covid-19 Sinovac tahap ketiga. Sebanyak 25.320 ribu 320 vial mereka terima, sehingga total vaksin yang sudah diterima Pemprov Bali sebanyak 76.320 vial. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, mengatakan setelah kedatangan vaksin tahap III ini, pihaknya akan fokus untuk menyelesaikan vaksinasi bagi tenaga kesehatan di tiga daerah dengan jumlah kasus Covid-19 paling banyak, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Gianyar. Setelah itu, barulah bergeser ke 6 kabupaten lainnya.

"Setelah itu baru enam kabupaten lainnya. Semakin banyak vaksin yang datang agar semakin cepat selesai," ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Suarjaya mengatakan, prioritas vaksinasi Covid-19 ditujukan kepada 38 ribu tenaga kesehatan (Nakes) di Bali, yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19. Ia berharap akhir Februari 2021 mendatang vaksinasi nakes sudah selesai dilakukan.

Untuk itu dikatakannya, Puskesmas dapat melayani vaksinasi 50 orang per hari, sementara rumah sakit 200 orang per hari.  

Suarjaya menyebutkan, pasca vaksinasi dilakukan dalam seminggu terakhir, belum ada ditemukannya kasus KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Lebih lanjut Suarjaya menambahkan, setelah vaksinasi selesai untuk nakes, akan dilanjutkan untuk prioritas SDM yang bekerja di pelayanan publik. 

Dia juga mengaku sudah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada rumah sakit yang melayani penanganan Covid-19 agar menambah tempat tidur minimal 30 persen dari tempat tidur yang dimiliki.  

"Pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah yang bergejala sedang, berat, dan kritis," tukasnya. (Foto: Dok. Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00