Kepsek SMP di Nabire Terpapar Covid-19, Sekolah Diliburkan

KBRN, Nabire: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Papua, Yulianus Pasang, S.Pd, M.Pd, meliburkan aktifitas belajar mengajar di SMP Antonius dan SD Santo Petrus selama satu minggu ke depan, menyusul Kepala SMP Antonius dinyatakan positif terpapar Covid-19. Libur sekolah bagi kedua sekolah itu mulai diberlakukan pada Kamis (21/1/2021).

Ia mengatakan, hasil swab oleh tim medis menyatakan Kepsek SMP Antonius Nabire dinyatakan positif Covid-19, sehingga pihaknya memberikan libur sekolah selama seminggu ke depan, dan mengharapkan aktifitas belajar dari rumah atau daring dapat diterapkan oleh murid-murid SMP Antonius dan SD Santo Petrus.

“Jadi saya tegaskan penularan Covid-19 yang menimpa Kepala sekolah SMP Antonius ini bukan dikarenakan klaster sekolah, melainkan klaster gereja pada beberapa waktu lalu,” ujar Yulianus Pasang.

Sementara Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire dr. Frans Charles Sayori, M.Kes menjelaskan, pihaknya belum menerima rencana swab dari para guru di SMP Antonius dan SD Santo Petrus Nabire. Ia berharap, guna mencegah penularan Covid-19 semakin meluas sebaiknya para guru dari dua sekolah tersebut melakukan swab tes secara mandiri di klinik-klinik yang tersedia melakukan swab atau rapid tes dan rapid antigen.

“Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Nabire sudah tidak menyediakan rapid test. Selain itu perlu diketahui bahwa alat yang dimiliki berupa catridge yang biasa digunakan untuk menguji sampel swab melalui TCM di RSUD Nabire telah habis, sehingga sudah cukup lama tidak melakukan Tes Cepat Molekuler untuk menguji sampel swab tes di Nabire,” ungkap dr. Sayori.

Ia berharap di masa pandemi Covid-19, untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran virus Corona semua elemen masyarakat mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Covid-19 masih ada di antara kita dan akan terus bertambah, mengancam keselamatan jiwa manusia. Cara yang terbaik adalah warga masyarakat perlu mendapatkan tambahan kekebalan tubuh dengan di vaksinasi Covid-19. Untuk itu semua pihak harus turut serta menyukseskan program pemerintah untuk di vaksinasi sehingga Nabire khususnya dapat menang dari pandemi Covid-19 dan kita dapat beraktifitas seperti sedia kala,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00