Anggota KPPS Lakukan Rapid Test Demi Pilkada

KBRN, Padang : Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), rapi mengantri untuk mengikuti rapid test sebagai pemeriksaan awal memastikan terjangkit Covid-19 atau tidak. 

Masker terlihat melekat pada mulut mereka masing-masing. Bergantian mencuci tangan di pintu masuk Puskesmas Pembantu Tarandam, Kecamatan Padang Timur. Kemudian duduk pada kursi yang telah dijarakkan oleh petugas Puskesmas.

Pantauan RRI di lapangan, petugas kesehatan telah didatangi puluhan anggota KPPS. Ada empat petugas kesehatan yang disiagakan untuk melayani 90 orang KPPS dan anggota ketertiban dari Kelurahan Simpang Haru. 

Selama delapan hari, mulai 26 November sampai 3 Desember, Puskesmas Pembantu Tarandam akan melakukan rapid tes pada 1.500 lebih anggota KPPS dan anggota ketertiban untuk 10 kelurahan.

Dodi Achiar salah seorang petugas KPPS di wilayah Simpang Haru, Kota Padang, terlihat ikut dalam antrian. Kepada RRI, Kamis (26/11/2020), Dodi mengatakan, ini kali pertama mengikuti pemeriksaan. Awalnya takut-takut atau khawatir. Namun, Ia mengaku setuju dengan langkah pemeriksaan awal demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Sekaligus memastikan pada tahapan pemungutan suara, seluruh petugas dinyatakan bebas Covid-19, sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat untuk datang ke TPS.

"Bagus adanya rapid ini jagi kita tau terpapar Covid-19 atau tidak. Kami aman dan pemilih pun tidak was-was lagi," sebutnya.

Pelaksanaan rapid test bagi penyelenggara Pilkada serentak merupakan kewajiban. Di Kota Padang, pemeriksaan dilakukan bertahap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani saat ditemui RRI menyampaikan, hampir 18 ribu anggota KPPS dan anggota ketertiban TPS yang akan melakukan rapid tes di 22 Puskesmas. Setiap harinya tepatnya di pukul 17:00 WIB, Dinas Kesehatan akan memberikan laporan hasil rapid tes pada KPU Kota Padang.

"Cukup banyak yang dirapid jadi tidak bisa selesai dalam sehari," sebutnya.

Feri menambahkan, bagi anggota KPPS dan anggota ketertiban TPS yang hasil pemeriksaan rapid tes menunjukan reaktif maka harus dilanjutkan dengan pemeriksaan tes swab. Kemudian harus melakukan isolasi mandiri di rumah hingga hasil pemeriksaan tes swab dari laboratorium keluar. 

Pemeriksaan rapid test Covid-19 bagi petugas KPPS merupakan bagian protokol kesehatan. Menjamin Pilkada serentak bebas dari paparan Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00