Libur Panjang, Waspada Klaster Keluarga

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Dalam Video di Youtube Pemprov DKI Jakarta .jpg

KBRN, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengingatkan bagi warga yang tengah berlibur ditengan pandemi Covid-19, harus etap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Menurutnya dengan cara tersebut, libur panjang kali ini tidak akan menghasilkan lonjakan kasus baru Covid-19.

"Insyaallah kita melewati masa liburan tanpa melewati konsekuensi lonjakan penularan corona," kata Anies dalam video yang dikutip dari YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (29/10). 

Libur panjang kali ini, emmang memiliki resiko besar terhadap lonjakan kasus Covid-19. Saat mobilitas tinggi, maka tingkat penularan juga meningkat.

Salah satu hal yang dikhawatrikan Anies adalah, munculnya  klaster keluarga. Bukan tanpa alasan, di Jakarta klaster keluarga menyumbang 39 persen kasus Covid-19.

Anies mengungkapkan, terdapat 4.684 klaster keluarga dengan jumlah kasus positif mencapai 36.659 orang. 

Guna mencegah klaster keluarga semakin banyak, menurutnya penerapan protokol kesehatan sangat penting. Anies menyebut, kebanyakan warga justru abai pakai masker saat bertemu dengan keluarga atau orang yang dikenal. 

"Ketika kita ingin melindungi saudara kita pakai masker, ketika kita ingin memastikan orang tua kita sehat, pakai masker," ujarnya.

"Selamat berlibur, selamat menikmati masa istirahat. Usahakan di rumah, usahakan ada di lingkungan yang aman, yaitu di rumah," ucap Anies.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00