Pelabuhan Merak Padat, Ekonomi Diklaim Terus Berputar

Salah satu truk angkutan barang yang siap menyeberang di Pelabuhan Merak, Banten, sedang diperiksa kesiapannya (Dok. RRI)

KBRN, Cilegon: Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setiyadi mencatat terjadi peningkatan kendaraan bus dan truk jelang libur panjang akhir pekan di Pelabuhan Merak, Banten.

Terjadinya peningkatan bus dan truk itu, disebut sebagai tanda bahwa ekonomi Indonesia sudah mulai pulih karena nampak perputaran aktivitasnya melalui keluar masuknya truk barang lintas pulau. 

"Dari hasil pengamatan kami dua hari ini, terjadi peningkatan kendraaan bus dan truk. Bus 40 persen dan truk 60 persen yang terjadi selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 kemarin, artinya penggunaan logistik sangat bagus lagi dan ekonomi sudah pulih kembali," kata Budi saat meninjau kesiapan Pelabuhan Merak Banten jelang libur panjang, di Cilegon, Selasa (28/10/2020).

Meski demikian, lanjut Budi, untuk kendaraan pribadi jelang libur panjang ini belum terihat. Namun pihaknya tetap akan melakukan evaluasi terhadap jumlah kendaran yang melintas melalui pelabuhan Merak, Banten. 

"Kalau untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan kecil, hari ini belum kelihatan. Namun, kami akan tetap lakukan evaluasi kondisi dan arus kendaraan yang melintas melalui pelabuhan Merak," ucap Budi. 

Budi mengimbau kepada masyarakat, apabila tidak memiliki urusan yang sangat penting agar tidak melakukan perjalanan jauh sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kalaupun masyarakat memaksa untuk melakukan perjalanan jauh, kami bersama dengan TNI dan Polri sudah siap melakukan berbagai macam skema. Bahkan untuk di jalan tol akan kita lakukan contra flow," ucap Budi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00