Mengurangi Penyakit Tanaman Lada dengan Tasela

Contoh dari konsep Tanaman Sela Lada (Tasela) yang berguna untuk menangkal penyakit yang biasa menyerang tanaman lada (Dok. Istimewa)

KBRN, Bangka Tengah:  Petani di Desa Puput, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, menggarap Tanaman Sela Lada (Tasela) dengan Padi, Sorgum, Kacang Kedelai dan Kacang Tanah.

Program Tasela dapat mengurangi penyakit yang menyerang Lada, yaitu dapat mengalihkan penyakit tanaman Lada, melalui penanaman tanaman sela tersebut.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Desa Puput

"Salah satu cara kita untuk mengalihkan penyakit Lada, kita tanam Kacang Kedelai, Padi dan Kacang Tanah , dengan harapan tidak terlalu sering menyerang Lada,” kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman di hadapan para petani Desa Puput , Rabu (21/10/2020).

Agar Hasil Tasela memuaskan, Gubernur minta para petani sebelum melakukan program ini, harus melakukan konsultasi dengan pihak terkait, seperti kepada petani pencetus program Tasela, Ketua Koperasi Lada Babel ,Sukri, alias Haji Duk, warga Bangka Tengah.

"Selama ini para petani hanya menunggu hasil panen dari lada, tetapi melalui program Tasela ini hasilnya luar biasa. Dengan memanfaatkan lahan yang telah ditanamkan lada, petani untuk bergabung dalam koperasi Lada yang sudah dibentuk oleh Pemprov Babel, dalam melakukan program Tasela ini." kata Erzaldi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00