Gegara Sekda Terpapar Covid-19, Kantor Pemda Ditutup

Sekkab Pesisir Barat N Lingga Kusuma/ist

KBRN, Bandarlampung: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, N Lingga Kusuma, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Lingga ditetapkan sebagai pasien nomor 723 dan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab polymerase chain reaction (PCR), yang dikeluarkan pada Sabtu (19/9/2020).

Wakil Bupati Pesisir Barat, Erlina membenarkan informasi tersebut. Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, kantor Pemda Pesisir Barat pun ditutup selama empat hari.

“Iya benar informasi itu. Untuk sementara 4 hari ini kita WFH. Tapi tidak semua, hanya yang di sekretariat daerah saja,” ujar Erlina saat dihubungi rri.co.id, Senin (21/9/2020).

Menurutnya, sebelum dinyatakan positif, Lingga menjalani rapid test dengan hasil reaktif. “Kemudian PCR pertama positif. Sepertinya hari ini PCR kedua. Beliau saat ini isolasi mandiri,” tegasnya.

Erlina mengakui, Lingga memiliki riwayat perjalanan ke Pesisir Barat-Bandarlampung. “Iyalah begitu. Kalau minggu-minggu ini. Tapi dua atau tiga minggu lalu ke Jakarta. Tapi sudah lama itu,” urai Erlina.

Dia memastikan, mulai hari ini dilakukan rapid test massal terhadap Bupati, Wakil Bupati, pejabat di lingkungan Sekretariat Pemerintah Kabupaten, dan sejumlah pegawai yang pernah kontak dengan Lingga.

“Iya hari ini kita mulai rapid mulai dari Bupati, Wakil Bupati, pejabat di lingkungan Sekretariat Pemerintah Kabupaten, dan sejumlah pegawai yang pernah kontak dengan beliau,” tandasnya.

Lebih lanjut Erlina yang juga mantan Komisioner KPU Kota Bandarlampung ini meminta ASN di lingkungan Sekretariat Pemerintah Daerah untuk menerapkan protokol kesehatan. 

“Tetap sama kita harus jaga jarak, pakai masker, tidak berkerumun. Ini kami sedang berkoordinasi dengan Polres Lampung Barat, untuk membatasi masyarakat untuk tidak berkerumun dan tidak mengumpulkan massa,” pungkas Erlina.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana menyebut, pasien bernomor 723 ini tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota. 

"Kondisi pasien saat ini tidak bergejala dan sedang melakukan isolasi mandiri," kata Reihana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00