Air Bersih untuk KEK Mandalika Siap Disuplai

Sejumlah wisatawan berada di pantai Seger di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB (Antara Foto/Ahmad Subaidi/aww)

KBRN, Mataram: Mensuplai kebutuhan air bersih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menganggarkan Rp200 Miliar membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Bendungan Pengga Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya.

“Besar anggarannya sekitar Rp200 miliar hibah dari Kemen PUPR," kata Kepala Dinas PUPR Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, Selasa (8/9/2020).

Pembangunan SPAM Mandalika ini direncanakan akan mulai dilakukan awal tahun 2021, sehingga dalam waktu dekat  akan dilakukan tender dini proyek. 

“Tender dini Oktober. Insya Allah awal 2021 SPAM Mandalika ini akan dibangun," jelas Firman.

Debit air di Bendungan Pengga ini lanjut Firman, mencukupi untuk kebutuhan air bersih di KEK Mandalika. SPAM Mandalika berkapasitas 250 liter per detik yang terbagi  200 liter untuk kebutuhan air di kawasan Mandalika dan 50 liter untuk kebutuhan air masyarakat di sekitar Mandalika.

“200 liter untuk KEK Mandalika dan sisanya untuk warga sekitar sana," ungkapnya. 

Sementara untuk pembebasan lahan, ada dua yang dibutuhkan. Yang pertama adalah lahan untuk boster atau pompa pendorong yang berada di sekitar bandara Lombok sekitar 10 are. Kedua adalah lahan seluas 2,5 hektare untuk intalasi pengelolaan air yang berada di desa Pengengat Kecamatan Pujut.

"Ada di dua lokasi untuk lahan" tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00