Sulitnya Belajar Daring Bagi Kalangan Disabilitas

KBRN, Palangka Raya : Di masa pandemi corona saat ini, pemerintah masih menerapkan sistem belajar daring kepada semua sekolah di berbagai tingkatan tak terkecuali sekolah luar biasa.

Menyikapi hal demikian, Ketua Umum Persatuan Tuna Netra Indonesia Kalteng Mulyansyah menilai, sistem daring kurang efektif di terapkan, terlebih bagi kalangan disabilitas, masalah yang dihadapi kalangan tingginya biaya yang dikeluarkan untuk pembelian kuota internet, hal ini diperparah dengan belum adanya wacana bantuan kuota gratis dari tiap sekolah.

“Bagi masyarakat normal secara fisik saja sistem ini banyak dikeluhkan, apalagi kami yang menyandang kekurangan secara fisik, usulan kami pemerintah dapat memfasilitasi dengan memberikan bantuan kuota internet gratis,” kata mulyansyah kepada RRI Jum’at (14/8/20)

Ia mengakui, sejak pandemi corona kalangan disabilitas sangat terdampak masalah ekonomi, bantuan yang diharapkan dari pemerintah seringkali tidak tepat sasaran, padahal dengan keterbatasan fisik sangat rentan tertular covid 19, ke depan ia minta pihak terkait dapat menyalurkan bantuan langsung dari pintu ke pintu, agar lebih tepat sasaran yang dituju.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah Mofit Saptono mengungkapkan, sejauh ini pemerintah pusat belum membolehkan daerah zona merah menggelar belajar tatap muka, hal ini dilakukan sebagai antisipasi munculnya cluster baru di lingkungan sekolah. Yang bisa dilakukan oleh masing masing sekolah memberikan penugasan manual dengan tiap hari diambil orang tuanya untuk dikerjakan di rumah atau dengan fasilitas daring internet melalui grup w.a ke orang tua atau wali peserta didik.

“Belajar jarak jauh juga bisa ditempuh melalui media elektronik salah satunya program belajar di RRI yang tayang tiap hari senin sampai jum’at pukul 10 siag, sehingga peserta didik di daerah blank signal, dapat mengkases melalui radio, sebagai solusi mengatasi ketinggalan belajar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00