Orang Gangguan Jiwa Ikut Lomba Agustusan

KBRN, Madiun: Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berhak merdeka. Mereka berhak mendapat hidup dan perlakuan yang layak dari semua pihak. Seperti yang dilakukan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) bekerjasama dengan Yayasan CPZ, menggelar lomba ‘agustusan’ diikuti sejumlah ODGJ.

Lomba dilaksanakan di shelter UPT Loka Bina Karya Jalan Srindit. 10 ODGJ berbagai latar belakang, mengikuti lomba membawa kelereng diatas sendok, memasukkan bendera di dalam botol, lomba makan krupuk dan memukul air didalam plastik.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak Dinsos-P3A Kota Madiun, Rita Susanti mengatakan, lomba agustusan  yang baru kali pertama dilaksanakan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap ODGJ. Harapannya, kegiatan tersebut dapat membantu proses penyembuhan mereka dengan mengingat lomba-lomba semasa kecilnya.

“Kita melaksanakan peringatannya disini dengan klien kita terutama yang ODGJ. Karena bagi kami mereka butuh hiburan, butuh kita ajak berpartisipasi serta wujud kepedulian dinas terhadap mereka. Mungkin dengan cara seperti ini mereka bisa bahagia, bisa meningkatkan imun dan paling tidak membantu proses penyembuhan mereka,” ungkap Rita, Jum’at (14/8/2020).

Sementara itu petugas perawat ODGJ Shelter Jalan Srindit, Wahyu Wulandari berharap, lomba dengan melibatkan ODGJ ini kedepan setidaknya mampu mengingatkan memori mereka yang sebelumnya sempat vakum. Baginya, dukungan orang terdekat sangat penting bagi kesembuhan para ODGJ.

“Kalau tingkat kesembuhan itu dilihat dari faktor dukungan keluarga serta lingkungan. Mereka ini jangan dikucilkan, kalau dia minta perhatian ya kita beri lalu diajak komunikasi setiap hari, insya allah bisa sembuh,” terangnya.

Rita menegaskan, selain lomba, kegiatan sehari-harinya mereka diajak senam bersama. Tidak hanya itu, Dinsos P3A pun juga rutin melakukan pembinaan terhadap ODGJ maupun orang terlantar yang berada di shelter Jalan Srindit. Pembinaan dan pemberdayaan juga dilakukan terhadap eks ODGJ di luar shelter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00