Pilkada, Kader Demokrat Colong 'Start' ke PDI-P

KBRN, Ponorogo: Rekomendasi dari DPP PDI-Perjuangan untuk Bacabup dan Bacawabup Sugiri Sancoko-Lisdyarita diluar prediksi dan mengejutkan sejumlah pihak. Karena Sugiri Sancoko sendiri hingga saat ini adalah kader resmi Partai Demokrat, dan Partai Demokrat belum mengeluarkan rekomendasinya.

Ketua DPC Partai Demokrat Ponorogo Miseri Effendi mengungkapkan, sejauh ini DPC Demokrat Ponorogo telah mengajukan enam nama yang tengah digodok di DPP. Miseri menyebut keenam nama sudah ditangan Bapilu Pusat DPP Demokrat Andi Arief yang selanjutnya dilaporkan ke Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Iya terkait dengan Demokrat hingga detik ini semuanya telah kami sampaikan ke DPP ada 6 nama yg sudah kami kirimkan dari 6 nama itu telah dilakukan survey, nanti hasil survey dirapatkan ditingkat DPP,” ujar Miseri, Kamis (13/8/2020).

Namun menariknya, dari keenam nama yang disodorkan Demokrat itu terdapat nama Ipong Muchlissoni dan Sugiri Sancoko yang sama-sama akan bertarung pada Pilkada nanti.

Ketika ditanya apakah Sugiri masih kader Demokrat meskipun telah mendapat rekom dari PDI-P, ia mengaku menghormati keputusan yang telah diambil oleh PDI-P maupun Sugiri Sancoko. Dan masih menunggu arahan dari DPD dan DPP.

“Terkait Pak Sugiri yang mendapat rekom dari sahabat kami PDIP kita hormati, dan kami menunggu arahan petunjuk baik dari DPD maupun DPP dan akan kami menunggu kader kami mpak giri. Tentu kami sangat menghormati apa yang telah diputuskan," jelasnya.

Ketika disinggung apakah ada kemungkinan koalisi antara Demokrat dan PDIP untuk Pilkada Ponorogo menyusul pertemuan AHY dan Puan Maharani belum lama ini, Miseri mengaku politik sangat dinamis dan segala kemungkinan dapat terjadi.

Tapi yang jelas, terang dia, Partai Demokrat menjalin komunikasi secara intens dengan sejumlah pihak termasuk dengan incumbent, Ipong Muchlissoni. Untuk itu, Partai Demokrat tidak mau terburu-buru walaupun kadernya sudah mendapatkan rekomendasi dari partai lain.

Adapun keenam nama yang diajukan Demokrat selian Ipong dan Sugiri adalah Wabup Sujarno, Edy Iswahyudi, kepala DPPKAD Bambang Triwahono dan Miseri Effendi.

Terpisah bakal calon Petahana Ipong Muchlissoni mengaku belum adanya rekom terhadap dirinya dikarenakan saat ini ia belum menentukan pasangan bakal calon wakil bupati. Diakuinya hal inilah yang menjadi ganjalan karena diantara syarat keluarnya rekomendasi adalah harus telah memiliki pasangan.

“Jadi gini ya ini saya buka saja rahasia. Kenapa saya belum mendapat rekom? Karena saya belum menentukan wakil. Begitu saya sudah menentukan wakil saya akan datang kepada parta-partai yang belum mengeluarkan rekom,” papar Ipong.

Belum lama ini, ia berujar demi menjaga harmonisasi partai koalisi bacabup yang akan dipilihnya adalah dari kalangan luar Parpol. Dinamika Politik di Ponorogo jelang Pilkada masing sangat cair meskipun mulai menghangat. Dan hingga saat ini baru PDI Perjuangan-lah yang telah mengeluarkan rekom untuk bacawabup yang diusungnya pada Pilkada Ponorogo Desember mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00