Nakes Genapkan Kasus Covid-19 Cirebon jadi 100

KBRN Cirebon: Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon genap mencapai 100 orang. Kasus ke 100 merupakan tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Cirebon tersebut berjenis kelamin laki-laki (54). Dia dari kluster Kecamatan Tengah Tani dan saat ini dirawat di RS Ciremai.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruchyana mengungkapkan, kasus ke-100 memiliki riwayat tertular dari pekerjaannya. Pihaknya pun masih menunggu hasil tracing kasus dari kontak erat terkonfirmasi positif Covid-19 yang dilakukan di Kecamatan Tengah Tani. Menurutnya adanya nakes terpapar Covid-19 ini menunjukkan bahwa potensi kerawanan di perkantoran sangat tinggi.

"Sesuai himbauan dalam masa AKB ini kita wajib memakai masker diluar maupun dalam ruangan cuci tangan dan jaga jarak. Tiga konsep ini yang harus selalu ditaati kita. Kita introspeksi bahwa kasus-kasus di perkantoran Kabupaten Cirebon ketaatan didalam memakai masker, cuci tangan sangat rendah sehingga mereka terpapar Covid-19," jelasnya kepada media, Selasa (11/8/20) 

Terkait hal itu, tutur Nanang, Pemkab Cirebon melalui bagian hukum sedang menyusun regulasi atau peraturan bupati sebagai langkah penanggulangan dan pencegahan kasus agar wabah virus corona tidak menyebar luas ke perkantoran.

Dimungkinkan 75 persen pegawai akan WFH atau bekerja di rumah. Sedangkan untuk dinas yang membuka pelayanan publik masih dapat dilakukan dengan antisipasi menggunakan protokol kesehatan seperti memakai pakaian hazmaat level 2 dan 3 untuk keselamatan petugas.

"OPD dilingkungan Pemkab Cirebon yang ditemukan terkonfirmasi positif Covid-19 dan sudah diberlakukan WFH antara lain Dinas Kesehatan, Puskesmas, BKAD dan Dinas Perhubungan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00